Nyeri Otot di Usia Produktif? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

nyeri otot di usia produktif

Ilhamsadli.com,- Memang masalah nyeri otot ini adalah masalah yang sering dialami banyak orang, akan tetapi bisa menjadi masalah apabila mengganggu produktifitas. Apalagi jika masih dalam usia produktif, melewatkan waktu sedikit saja sudah menjadi sebuah penyesalan. Kalau berkaca dari pengalaman, nyeri otot yang sering aku alami dikarenakan gerakan tidak tepat atau istilah jawanya adalah ketarik. Aktivitas di rumah saja seperti bekerja depan laptop juga bisa mengakibatkan mata kering hingga nyeri otot.

Nyeri Otot dan Penyebabnya

Nyeri otot tidak hanya membuat tubuh tidak nyaman, tetapi juga membuat tubuh menjadi sulit untuk digerakkan. Tidak bisa dipungkiri bahwa nyeri otot bisa terjadi kapan dan dimana saja, misalnya setelah melakukan aktivitas olahraga, mengangkat beban yang berat atau seharian duduk dengan postur yang salah. 

Meski demikian, tetaplah harus diwaspadai karena nyeri otot ini bisa jadi gejala dari kondisi tubuh saat itu. Misalnya karena cedera atau otot digunakan terlalu keras, influenza, hingga kekurangan vitamin dan mineral. Setelah mengetahui penyebab munculnya nyeri otot, biasanya banyak yang mulai melakukan cocokologi terkait hal demikian. 

Cara Mengatasi Nyeri Otot Agar Aktivitas Lanjut Terus

Semua orang pasti setuju kalau nyeri otot bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun dengan menerapkan langkah yang tepat maka masalah nyeri otot bisa teratasi. Beberapa cara ini bisa diterapkan ya.

  • Istirahat yang cukup dan konsumsi makanan bergizi

Istirahat adalah langkah pertama yang sangat penting dalam mengatasi nyeri otot. Tidur yang cukup juga membantu proses pemulihan otot. Jadi berikan sedikit waktu agar otot bisa beristirahat. Makanan bergizi dengan kandungan protein, vitamin D hingga magnesium akan membantu proses pemulihan otot.

  • Pijat dan Terapi Fisik
Baca Juga:  3 Tips Mudah Untuk Mengatasi Penyakit Bipolar

Pijat dapat membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah. Terapi fisik yang dilakukan oleh profesional bisa sangat efektif dalam mengatasi nyeri otot, terutama jika nyeri disebabkan oleh cedera atau ketegangan yang parah.

  • Kompres Panas dan Dingin

Menggunakan kompres panas atau dingin dapat membantu mengurangi nyeri otot. Kompres dingin efektif untuk nyeri akut atau peradangan, sedangkan kompres panas bisa membantu mengendurkan otot yang tegang. Terapkan kompres selama 15-20 menit beberapa kali sehari.

  • Postur Tubuh yang Benar

Perbaiki postur tubuh terutama saat duduk, berdiri, atau mengangkat beban untuk mencegah ketegangan otot lebih lanjut. Gunakan kursi dengan penyangga punggung yang baik dan angkat beban dengan menggunakan otot kaki, bukan punggung.

  • Penggunaan Obat Pereda Nyeri

Obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau acetaminophen, dapat membantu mengurangi nyeri otot. Namun, pastikan untuk mengikuti dosis yang dianjurkan dan konsultasikan dengan dokter jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Otot yang Ampuh

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi obat nyeri otot yang patut untuk dicoba.

Voltaren Emulgel

obat pereda nyeri otot

Voltaren Emulgel mengandung bahan aktif diklofenak, obat NSAID (Non-Steroidal Anti Inflammatory/Non-Steroid Anti-Inflamasi). Gel ini dioleskan perlahan pada bagian yang terdampak, yang dengan cepat diserap ke dalam kulit untuk menghilangkan nyeri, mengurangi peradangan, dan mempercepat pemulihan.

Berbeda dengan olesan panas yang menutupi nyeri, Voltaren Emulgel menyerap ke dalam kulit hingga ke jaringan di bawahnya dan mengobati penyebab nyeri. Jangan gunakan pada kulit yang rusak atau sakit, pada luka terbuka atau di bawah pembalut tidak berpori.

Formula khusus dengan sedikit bau digunakan oleh Voltaren yang menggabungkan kualitas gel dan krim, bekerja untuk mendinginkan dan menyejukkan kulit.

Hot In Cream

obat pereda nyeri otot
sumber: tokopedia

Kalau kita mendengar tentang obat nyeri otot, memang obat yang satu ini selalu menjadi pilihan teratas. Hot In Cream 120g menjadi top brand yang bahkan sudah 6 kali berturut-turut mendapatkan penghargaan top brand dengan kategori muscle painkiller cream. Hot in Cream ini bebas alkohol serta memiliki panas yang pas sehingga terasa nyaman digunakan. 

Baca Juga:  5+ Cara Merawat Ginjal Supaya Tetap Sehat, buktikan Dengan Sayangi Ginjalmu

Neo Rheumacyl

obat pereda nyeri otot

Mengandung ibuprofen untuk membantu mengatasi nyeri dan inflamasi akibat cedera olahraga. Selain dapat membantu meredakan nyeri otot, produk ini juga dapat mengatasi inflamasi pada nyeri yang terjadi. Obat sakit otot NEO rheumacyl ini mengandung ibuprofen sebagai antiradang.

Kamu dapat mengandalkannya sebagai pertolongan pertama untuk meredakan rasa sakit serta inflamasi akibat rematik, keseleo, dan cedera olahraga. Nyeri punggung dan arthritis pun dapat kamu coba obat nyeri otot yang satu ini.

Counterpain Cool

obat pereda nyeri otot
sumber: Alodokter

Counterpain Cool juga bisa dibilang sebagai obat pereda nyeri yang jangan sampai terlewat. Salep satu ini berbentuk gel yang transparan, tidak lengket dan tidak berminyak. Sehingga produk pereda nyeri satu ini tidak meninggalkan noda di baju ataupun celana. Sensasi dingin memberikan rasa nyaman ketika digunakan.

Belanja Kebutuhan Apa saja di Tokopedia Saja

Untuk yang mengalami masalah seperti nyeri otot, bisa mencoba untuk melakukan teknik tradisional hingga menggunakan obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri yang aku sebutkan di atas bisa ditemukan di apotek . Namun jika tidak sempat keluar rumah, maka membelinya di Tokopedia adalah pilihan terbaik. 

Sejak berbelanja di Tokopedia, jujur aku tidak pernah kecewa. Beberapa alasannya adalah diskon hingga cashbacknya yang menarik, kualitas barangnya terjamin, keamanan data pribadi terjamin. Jadi untuk yang mau belanja obat pereda nyeri ataupun kebutuhan lainnya, langsung saja belanja di Tokopedia. Buka dan nikmati promo dan diskonnya.

Kesimpulan

Nyeri otot memang dirasakan semua orang, tetapi tentu ada penyebabnya. Sebelum merasakan nyeri otot menyerang, tindakan yang utama dilakukan adalah pencegahan. Jika nyeri otot diakibatkan karena ketegangan atau aktivitas fisik, maka kamu bisa meregangkan otot sebelum melakukan aktivitas fisik dan setelah berolahraga.

Pastikan juga agar tetap terhidrasi dengan baik, melakukan olahraga teratur, dan lakukan peregangan secara teratur jika sedang dalam suatu posisi waktu lama. Otot yang sakit mungkin terjadi akibat sesuatu selain ketegangan dan aktivitas fisik. Jika hal ini terjadi pengidap wajib melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengatasi penyebabnya.

About the author: ilhamsadli

Penikmat senja dan puisi, selain juga suka dengan tantangan baru. Berhenti belajar artinya aku mati

Related Posts

15 Comments

  1. Barusan aja anakku nyeri otot leher, nggak bisa noleh kanan kiri. Anak anak juga bisa nyeri leher gak cuma orang dewasa ternyata. Akhirnya pakai counterpain cool karena adem hehe. Asik banget kalo belanja di Tokopedia, free ongkir pula.

  2. Ngurus rumah plus bocil kadang bikin badan rasanya rontok semua. Aku suka pakai counterpain cool. Tinggal oles dan rasa nyeri berkurang. Jadi pikiran juga enggak gampang ngamuk, hehe.

  3. Tanteku nih yang biasa pakai Hot in Cream, kadang Counterpain juga. Kalau udah pakai ini katanya badan jadi enteng, nyeri juga perlahan berkurang dan hilang.

  4. 4 rekomendasi di atas sudah sangat diakui di masyarakat. Biasanya cukup beli di apotek, sekarang bisa di Tokopedia. Tapi memang asyik sih ya. Saya juga pernah beli obat flu dan pereda nyeri di apotek yang berjualan di Toped.

  5. Duh, nyeri otot rasanya enggak nyaman banget ya, apalagi kalau yang suka tiba-tiba gitu, salah gerak terus ototnya jadi sakit, seperti kram atau kecengklak atau ketarik ya.
    Penting juga ya sedia obat nyeri otot ini, karena memang dibutuhkan kalau nyeri ototnya udah dipijat dan dikompres tapi enggak sembuh juga.
    Siip Mba rekomendasi obatnya, dan sekarang lebih mudah juga ya bisa beli di tokopedia, kalau pas lagi sakit atau males keluar rumah, tinggal pesan aja via online

  6. Duh, nyeri otot rasanya enggak nyaman banget ya, apalagi kalau yang suka tiba-tiba gitu, salah gerak terus ototnya jadi sakit, seperti kram atau kecengklak atau ketarik ya.
    Penting juga ya sedia obat nyeri otot ini, karena memang dibutuhkan kalau nyeri ototnya udah dipijat dan dikompres tapi enggak sembuh juga.
    Siip Mas rekomendasi obatnya, dan sekarang lebih mudah juga ya bisa beli di tokopedia, kalau pas lagi sakit atau males keluar rumah, tinggal pesan aja via online

  7. Hot In Cream ini ih andalan aku banget kalo udah nyeri otot dan pegel – pegel terutama di kaki dan tangan. oles oles diemin bentar auto bugar. belum pernah beli di tokped sih, karena belinya pas butuh cepet. tapi bolehlah cek cek lalu co do tokped buat cadangan ya, hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.