5+ Cara Merawat Ginjal Supaya Tetap Sehat, buktikan Dengan Sayangi Ginjalmu

Cara Merawat Ginjal Supaya Tetap Sehat

Blogsadli.com,- 5+ Cara Merawat Ginjal Supaya Tetap Sehat, buktikan Dengan Sayangi Ginjalmu. Setiap orang pasti tidak ingin menyayangi ginjalnya, sampai mencoba mencari beberapa refrensi mengenai bagaimana cara merawat ginjal agar tetap sehat. Dan di beberapa refrensi ternyata terdapat beragam cara menjaga serta merawat kesehatan ginjal serta biasanya dilakukan agar ginjal terhindar dari masalah. Mengingat ginjal memiliki peran yang penting dalam tubuh sehingga harus dijaga dengan baik, satu saja ginjal tidak berfungsi pasti keseimbangan tubuh akan terganggu.

Jika kembali ke pelajaran Biologi di SMP atau SMA, kita belajar mengenai fungsi dari organ tubuh bernama ginjal ini. Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memiliki fungsi sangat krusial dalam tubuh kita. Organ ini dalam sistem tubuh berfungsi menyaring dan membuang limbah, seperti racun, garam berlebih, dan urea yang ada dalam tubuh.

Ketika fungsinya cukup krusial, maka bisa dibayangkan sendiri apa yang akan terjadi ketika terjadi gangguan pada ginjal. Ketika ginjal bermasalah atau rusak, kondisi ini pasti akan berpengaruh terhadap kesehatan kita, bahkan pada kasus yang parah (semoga saja tidak demikian) bisa menyebabkan kematian. Nah, sekarang tahu kan seberapa pentingnya merawat ginjal supaya tetap sehat.

Cara merawat Ginjal Supaya Tetap Sehat

Ada beberapa cara merawat ginjal supaya tetap sehat yang bisa dilakukan, ini adalah salah satu bukti bahwa kita menyayangi ginjal. Oleh karena itu, penting banget untuk menjaga kesehatan ginjal secara optimal. Beberapa orang menganggap ini tidaklah sulit, karena hanya tinggal bagaimana membiasakan diri saja. Berikut ini bisa dilakukan:

Mengonsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Cara menjaga ginjal agar supaya tetap sehat adalah dengan cara mengonsumsi makanan sehat. Terkadang kita sendiri juga masih lupa untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh, baik dalam bentuk makanan atau minuman. Misalnya saja dengan rajin mengonsumsi air putih, karena bisa membantu membersihkan natrium dan racun yang ditampung oleh ginjal.

Baca Juga:  3+ Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju Setelah Memasak

Hal ini bermanfaat sehingga bisa membantu menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Beberapa pakar kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi air putih sekitar 8 gelas atau sekitar 2 liter per hari untuk menjaga ginjal tetap sehat dan optimal. Usahakan untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol, karena tidak baik untuk kesehatan.

Mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti junk food, makanan dengan bergula atau bergaram tinggi, dapat menyebabkan hipertensi, diabetes, obesitas, maupun kondisi lain yang memicu terjadinya ginjal yang tidak sehat. Maka dari itu, penting untuk tetap mengonsumsi makanan sehat, bukan jenis junkfood.

Oleh karenanya, mulai dari sekarang mulai untuk mengganti makanan tidak sehat dan mulai dengan membiasakan untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan sehat ini seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Dan cara ini akan membawa dampak positif pada tubuh, fil khusus organ bernama ginjal.

Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga atau berolahraga secara teratur ini tak hanya membuat tubuh bugar, namun juga bisa menjaga kesehatan ginjal. Kenapa demikian? jawabannya karena melakukan olahraga secara rutin bisa menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung, kedua ini pasti berperan penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup olahraga yang sederhana saja, penting dilakukan secara rutin saja. Olahraga yang sederhana ini misalnya seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang. Cukup lakukan secara rutin selama tiga hari dalam seminggu dengan durasi waktu 30-60 menit per harinya.

Kontrol Selalu Gula Darah

Cara merawat ginjal supaya tetap sehat adalah dengan cara mengontrol gula darah. Cara ini dapat membantu menjaga dan memelihara kesehatan ginjal. Untuk penderita diabetes atau kondisi yang menyebabkan gula darah tinggi, pastinya lebih rentan terhadap gangguan ginjal yang  bahkan bisa ke tahap mengancam jiwa.

Menurut beberapa ahli, ketika sel-sel tubuh tak dapat menggunakan glukosa dalam darah, ginjal akan dipaksa untuk bekerja lebih ekstra dalam menyaring darah. Oleh sebab itu, selalu kontrol gula darah secara rutin dengan menghindari berbagai makanan yang mengandung banyak gula.

Baca Juga:  5 Pekerjaan Yang Cocok Buat Mahasiswa Dan Asyik Untuk Menjalankannya

Berhenti Merokok

Untuk yang suka merokok, pelan-pelan cobalah untuk mengurangi mengkonsumsi rokok, kalau bisa malah berhenti untuk merokok. Semua orang termasuk aku dan kamu pasti sering baca tulisan di bungkus rokok yang mengatakan “merokok dapat meningkatkan risiko kanker ginjal dan seterusnya”. Berhenti merokok adalah salah satu cara merawat ginjal supaya tetap sehat.

Perhatikan Selalu Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada organ tubuh yakni kerusakan ginjal. Maka dari itu, cara untuk terhindar dari gejala gangguan pada ginjal adalah dengan selalu memperhatikan tekanan darah. Jadi kalau bisa selalu buat tekanan darah stabil agar tehindar dari penyakit yang menyerang fungsi ginjal.

Melakukan Pemeriksaan Ginjal Secara Berkala

Lakukan pemeriksaan ginjal secara berkala adalah salah satu cara untuk merawat dan menjaga kesehatan ginjal. Ini juga untuk mengurangi resiko adanya gangguan fungsi ginjal. Semua orang pasti tidak ingin untuk merasakan gangguan pada ginjal. Untuk melakukan pemeriksaan secara rutin ini, bisa dengan melakukan konsultasi ke ahlinya di Halodoc.

Sekilas Tentang Halodoc

Halodoc merupakan sebuah aplikasi dan situs web asal Indonesia yang bergerak di bidang kesehatan. PT Media Dokter Investama, perusahaan aplikasi ini didirikan pada tahun 2016 di Jakarta oleh Jonathan Sudharta. Halodoc ini bisa untuk konsultasi hingga melakukan pemeriksaan.

Kini sudah ada aplikasinya di APPStoret dan Playstore sehingga mempermudah pengguna atau calon pasien untuk menemukan dokter atau melakukan konsultasi. Dan sekarang ini sudah ada lagi layanan yang dikembangkan oelh Halodoc.

cara merawat ginjal agar tetap sehat

Kesimpulan

Demikianlah cara merawat ginjal supaya tetap sehat, dan semoga kita semua tetap bisa menjaga kesehatan ginjal ini. Karena sakit itu mahal, yang murah adalah mencegah agar tidak terjadi gangguan ginjal. Selain itu, kenali juga gejala awal penyakit ginjal untuk melakukan antisipasi.

Gejalanya adalah seperti jumlah produksi urine sedikit, pembengkakan pada anggota tubuh, dan nyeri pada punggung bagian bawah. Karena tentu lebih baik menjaga daripada mengobati.

About the author: ilhamsadli

Penikmat senja dan puisi, selain juga suka dengan tantangan baru. Berhenti belajar artinya aku mati

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.