5 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Kulit Anak

Cara Ampuh Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Blogsadli.com,- 5 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Kulit Anak. Jangankan terkana gigitan nyamuk, mendengar suaranya saja sudah meresahkan. Pasti lebih menyebalkan lagi kalau ternyata ada bekas gigitan nyamuk di kulit, baik yang bentol merah atau bentol menghitam. Ya memang tidak semua tipe kulit bentol ketika terkena gigitan nyamuk, misalkan saja kulit orang dewasa cenderung lebih menunjukkan reaksi ringan sehingga bekas gigitan nyamuk itu akan hilang kurang dari sehari. Tetapi lain ceritanya jika yang digigit nyamuk adalah anak-anak, yang biasanya meninggalkan bekas di kulitnya sampai berhari-hari.

Kalau itu adalah anak-anak, biasanya lebih mengkhawatirkan karena Gigitan nyamuk kerap meninggalkan bekas pada kulit bayi. Karena belum dapat menahan rasa gatal yang ditimbulkan akibat gigitan nyamuk, sering kali bayi menggaruk kulit hingga luka dan akhirnya menimbulkan bekas. Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang menghitam agar tidak meninggalkan bekas

Kenapa Kulit Bisa Bentol Setelah Digigit Nyamuk?

Kulit bentol karena bekas gigitan nyamuk tentunya tidak asal benjol melainkan memang ada teorinya kenapa bisa benjol dan membekas. Sekadar info, nyamuk yang menggigigt kita hanyalah nyamuk betina saja karena akan menjadi bahan makanan untuk anak-anaknya nanti. Ketika menggigit kulit, nyamuk biasanya sekaligus mengeluarkan air liurnya yang mengandung enzim dan protein asing sehingga sistem imun manusia bereaksi dengan memproduksi histamin.

Nah, ketika kadar histamin ini jumlahnya berlebihan akan meningkatkan aliran darah dan jumlah sel darah putih pada area sekitar bekas gigitan. Hal inilah yang mengakibatkan pardangan dan pembengkakan kulit yang kita sebut sebagai bentol. Sistem kerjanya kurang lebih sama dengan ketika kulit kita terkena alergi. Dan lebih menakutkan lagi, ternyata bekas gigitan nyamuk ini bisa juga memburuk sehingga terjadi infeksi jika tidak segera ditangani. Kita pasti tahu jenis penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk seperti DBD, Malaria, Cikungunya dan sejenisnya.

Baca Juga:  Mengenal 3 Macam Kelainan Trisomi Yang Dapat Terjadi Pada Anak

Cara Mencegah Bentol Akibat Gigitan Nyamuk

Beberapa orang sering mengabaikan agar bisa mencegah bentol akibat gigitan nyamuk ini, diantaranya mungkin anda atau bahkan saya sendiri sering melakukannya sehingga mengakibatkan bentol pada kulit.

Mengompres Kulit Yang Terkena Gigitan Nyamuk

Langkah pertama yang harus dilakukan jika sudah kadung terkena gigitan nyamuk adalah mengompres bagian kulit yang terkena gigitan nyamuk ini. Kompres ini bertujuan untuk meredakan reaksi peradangan pada kulit serta bisa juga mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk tadi.

Hindari Menggaruk Bekas Gigitan Nyamuk

Nah ini sering banget kita lakukan, karena rangsangan gatal pada kulit membuat kita akhirnya reflek menggaruk bagian yang gatal. Padahal, menggaruk kulit yang kena gigitan nyamuk justru bisa semakin membuatnya gatal hingga menyebabkan luka yang susah hilang. Terlebih bila Anda punya kulit sensitif.

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Nah kita kan sudah bisa mencegah agar bekas gigitan nyamuk ini tidak menjadi bentol, lantas kalau sudah terlanjur bentol bagaimana cara mengatasinya? Mungkin beberapa cara ini bisa dicoba untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

Menggunakan Tabir Surya

Untuk mencegah hal ini terjadi, beberapa pakar menganjurkan untuk memakai tabir surya atau sunblock sebelum beraktivitas di luar ruangan. Pilihlah sunblock dengan SPF 30 ke atas ketika akan pergi keluar ruangan, terlebih jika Anda akan beraktivitas cukup lama di bawah sinar matahari.

Menggunakan Lotion

Mengatasi bekas gigitan nyamuk ini bisa dilakukan dengan menggunakan lostion, namun lotion yang digukan bukan asal lotion. Lotion yang disarankan adalah yang mengandung kalamin, karena kalamin sendiri berfungsi untuk meredakan peradangan yang terdapat pada kulit setelah terjadinya gigitan pertama. Di Pasaran sebenarnya ada banyak merk untuk lotion dengan kandungan kalamin, kamu bisa memilih lotion kalamin dengan kandungan tambahan yang sesuai dengan kebutuhan bayi.

Baca Juga:  Kompetisi Film Pendek di Sundance Film Festival: Asia 2021

Melembabkan dengan Shea Butter atau Minyak Kelapa

Karena bekas gigitan nyamuk biasanya digaruk sehingga kulit menjadi agak gelap dan kering. Dan fakta mengatakan bahwa ketika kulit kering akan mengakibatkan proses penyembuhan memakan waktu yang tidak sebentar, maka bahan ini difungsikan untuk menjaga kelembaban kulit. Selain memang bahan ini tidak memiliki efek samping ketika digunakan pada kulit anak atau bayi.

 Menggunakan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya ternyata memiliki banyak fungsi selain untuk kesehatan rambut atau minuman herbal. Ternyata lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan mengambil beberapa gel lidah buaya secukupnya. Setelah itu kemudian dioleskan pada bagian gigitan nyamuk. Dalam kasus ini, lidah buaya membantu memudarkan bekas luka.

Menggunakan Krim / Salep  Sesuai Resep Dokter

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan Zambuk Salep yang merupakan salep obat dengan kandungan Eucalyptus oil, Camphor, Thyme Oil, Colophony. Kandungan ZAM BUK OINTMENT efektif membantu meredakan memar dan terkilir ringan, gatal akibat gigitan serangga dan nyamuk, serta membantu meredakan rasa nyeri dan gatal gatal yang berkaitan dengan luka ringan.

Jika sudah ke tahap yang parah, maka sebaiknya dibawa ke dokter dan meminta resep. Karena biasanya dokter akan menyarankan tindakan terbaik untuk mengatasi itu. Nah, itu tadi beberapa cara untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada kulit. Semoga bisa bermanfaat ya…

About the author: ilhamsadli

Penikmat senja dan puisi, selain juga suka dengan tantangan baru. Berhenti belajar artinya aku mati

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.