7 Tips Memilih SMP Terbaik dan Rekomendasi Boarding School di Bandung

boarding school di bandung

Blogsadli.com,- Memberikan yang terbaik untuk anak adalah impian dan harapan semua orang tua. Bahkan orang tua berani banting tulang, berani pinjam sana sini asalkan anaknya bisa mendapatkan yang terbaik. Sejak SD sering mendengar ibu atau bapak berucap “jadilah apapun yang diimpikan, jangan sampai hidupmu seperti keadaan bapak dan ibu.” Jikalau orang tua kita bisa memberikan yang terbaik, maka ketika menjadi orang tua pasti juga kita melakukan hal yang sama.

Memilihkan yang terbaik untuk anak adalah sebuah kewajiban termasuk memilihkan sekolah terbaik yang memungkinkan anak berkembang dengan baik serta tumbuh menjadi anak sholeh dan solehah. Memang sekolah pertama seorang anak adalah keluarganya, tetapi jika itu kaitannya dengan lembaga pendidikan maka di sinilah peran sekolah yang sebenarnya. Misalkan dengan memilihkan boarding school atau memilihkan pondok pesantren atau sekolah lainnya yang dirasa terbaik untuk anak.

Tips Memilih SMP Terbaik untuk Anak Tersayang

Sebelum memilih sekolah untuk anak, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Apalagi sekolah menjadi tempat kedua bagi seorang anak untuk menghabiskan waktu selain di rumah. Pemerintah juga sudah wajib belajar 12 tahun, artinya memang setelah lulus SD harus melanjutkan ke SMP dan SMA. Masa SMP katanya menjadi masa dimana keterampilan dan minat anak munucul serta diasah lebih. Maka dari itu penting untuk memilih SMP terbaik untuk anak.

Perhatikan Akreditasi Sekolah

Tips pertama yang harus diperhatikan adalah memerhatikan akreditasi sekolah. Karena akreditasi sekolah merupakan penilaian dalam bentuk sertifikat formal dari instansi resmi mengenai standar layanan untuk siswa. Apabila sudah memenuhi syarat tentunya menjadi salah satu alasan untuk menjadi SMP terbaik.

Jadi, ketika memilih SMP untuk anak selalu perhatikan akreditasi sekolah karena bisa menjadi pembanding antara SMP satu dengan yang lain. Pastikan sekolah yang dipilih sudah terakreditasi A atau minimal B karena penting untuk kedepannya.

Rekam Jejak Sekolah

Pastikan rekam jejak sekolah baik. Setiap sekolah pasti memiliki rekam jejak, dan rekam jejak ini bisa diperhatikan berdasarkan aluminya. Selain juga bisa dilihat dari kegiatan siswa dan siswi, progres pembangunan serta prestasi yang diraih oleh sekolah maupun siswi/siswanya.

Perhatikan Metode Pembelajaran

Tips memilih sekolah selanjutnya adalah perhatikan metode pembelajarannya. Karena metode pembelajaran yang diterapkan di masing-masing sekolah memang berbeda. Misalkan di sekolah Islam menerapkan sistem yang membuat anak jadi lebih bisa berkembang. Misalnya saja SMP Islam di Bandung memiliki banyak rekam jejak untuk soal metode pembelajaran ini.

Lingkungan Sekolah yang Aman dan Nyaman

Selanjutnya adalah memerhatikan sekolah yang aman dan nyaman. Pasti sering melihat pembullyan di sekolah yang tergambar melalui sinetron atau bahkan media. Tentunya, sebagai orang tua pasti tidak ingin anaknya bertumbuh secara tidak baik atau merasa tidak nyaman dan merasa terancam. Jadi penting sekali untuk memilih sekolah yang aman dan nyaman untuk anak.

Perhatikan Minat dan Keinginan Anak

Pertimbangkan keinginan anak untuk mendapatkan sekolah yang baik. Apalagi setiap anak memiliki keinginan untuk masuk di sekolah impian. Jangan sampai anak merasa dipaksa untuk masuk sekolah, kalau merasa dipaksa, biasanya memberikan imbas besar pada keseharian anak nantinya baik di sekolah ataupun di rumah. Misalnya anak lebih suka dengan kegiatan ekstrakulikuler tertentu, maka bisa banget untuk memilihkan fasilitas ekstrakurikuler yang diinginkan anak.

Perhatikan Fasilitas Sekolah

Fasilitas sekolah menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, karena ini membuat anak bisa berkembang lebih maksimal. Misalkan fasilitas lapangan olahraga, uks, musola, laboratorium, perpustakaan, kantin hingga fasilitas komputer di sekolah. Jangan sampai karena fasilitas yang tidak lengkap menjadikan anak tidak bisa berkembang dengan maksimal.

Kelengkapan Ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakulikuler menjadi salah satu penunjang kemampuan di luar akademik. Ekstrakulikuler berfungsi membantu mengembangkan bakat serta minat anak. Penting sekali untuk mengasah bakat dan minatnya, mengasah kemampuan anak untuk bersosialisasi dan bekerjasama. Semua itu bisa didapatkan melalui ekstrakurikuler.

Rekomendasi Boarding School Terbaik di Bandung

Untuk orang tua muslim, pastinya tidak hanya sekian banyak hal yang diperhatikan tetapi ada yang lebih spesifik lagi yakni memilih SMP Islam. Dan untuk yang orang tua yang tinggal di Bandung atau pernah punya cerita di sana pasti ingin mencari SMP islam di Bandung dengan predikat terbaik. Tetapi masih belum banyak yang mengerti perbedaan antara pondok pesantren dan boarding school, karena jika diperhatikan memang sekilas sama.

Bedanya adalah yang membawahinya, misalkan Pondok pesantren dikelola oleh satu orang sedangkan boarding school dikelola oleh yayasan. Apalagi sekarang lagi booming sekali orang tua memilih sekolah islam untuk anaknya, dan boarding school di Bandung bisa banget dijadikan pilihan. Salah satu boarding school di Bandung yang bisa dijadikan pilihan untuk anak anda adalah SMP Islam Al-MA’some.

Sekilas Tentang SMP Al Ma’some

SMP Al Ma’soem berada di bawah pengelolaan yayasan Al Ma’soem. Berlokasi di Jl. Raya Cipacing No. 22, Jatinangor – Sumedang. Gedung sekolahnya keren lho, bertingkat dan megah sekali. Bagi orang tua yang ingin anaknya seimbang dalam pengetahuan umum maupun agama, emang di sini tempat yang cocok. SMP Al Ma’soem memberikan perhatian khusus pada pelajaran dan pengamalan agama Islam, antara lain :

  • Mewajibkan membaca syahadat dan tes keagamaan saat masa orientasi
  • Menambah jam pelajaran agama
  • Mewajibkan sholat dhuhur berjamaah
  • Menyelenggarakan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI)
  • Melaksanakan tes kemandirian sebagai syarat khusus kenaikan kelas

SMP Al Ma’soem juga melaksanakan penambahan materi pelajaran tanpa dipungut biaya seperti Praktek Komputer dan Internet, MIPA, Agama, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Budi Pekerti

Untuk mewadahi minat dan bakat anak, tersedia pula berbagai kegiatan ekstra kurikuler yang bisa diikuti oleh siswa. Sekolah juga menyediakan pelatih profesional sehingga tak mustahil dari kegiatan ekstra kurikuler pun anak bisa berprestasi sesuai bakatnya.

SMP Al Ma’soem adalah penyelenggara program akselerasi dengan prestasi alumni sebagian masuk SMA Al Ma’soem, sebagian lagi melanjutkan ke SMA favorit di kota Bandung

Program Beasiswa berdasarkan kriteria akhlak

Masalah kedisiplinan diberlakukan kepada seluruh partisipan pendidikan, yaitu siswa, mahasiswa, guru, pengelola, dan pengurus Yayasan. Sebagai konsekuensinya diberikan sanksi tegas, terukur, dan konsisten.

Ciri khas lain adalah memberikan perhatian khusus pada pelajaran dan pengamalan Agama Islam, antara lain :

  • Mewajibkan membaca syahadat dan tes keagamaan disaat masa orientasi
  • Menambah jam pelajaran agama
  • Mewajibkan sholat dhuhur berjamaah
  • Menyelenggarakan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI)
  • Melaksanakan tes kemandirian sebagai syarat khusus kenaikan kelas, dengan aplikasi sebagai berikut :
    Kelas VII ke kelas VIII harus mengerti fiqih dan mengamalkan ibadah sampai tingkatan tertentu
    Kelas VIII ke kelas IX harus bisa membaca Al Qur’an

Fasilitas Khusus

  • Klinik Psikologi. Fasilitas konsultasi untuk siswa dan orang tua berkaitan dengan perkembangan dan masalah yang dihadapi siswa
  • Klinik Milik Sendiri bagi Siswa, Mahasiswa dan Santri Al Ma’soem.
  • Kantin Representatif. Dalam upaya memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh warga sekolah disediakan kantin yang representatif dengan berbagai jenis makanan/jajanan. Dikelola oleh keluarga besar Al Ma’soem sehingga trejamin kualitasnya. Bebas dari bahan berbahaya seperti formalin, boraks, zat pewarna berbahaya dan zat-zat kimia lainnya
  • Wisata Siswa. Dilaksanakan setelah ujian akhir semester (UAS) genap (sekitar bulan Januari), bersifat sukarela. Dalam kegiatan ini siswa bisa mengajak orang tua/saudara dengan memenuhi ketentuan yang berlaku,
  • lapangan olah raga yang komplit dari berenang, panahan, berkuda, futsal, voly, bulu tangkis, trek lari, tennis meja, basket, dll.

About the author: ilhamsadli

Penikmat senja dan puisi, selain juga suka dengan tantangan baru. Berhenti belajar artinya aku mati

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version