Cara Agar Bisnis Berdaya Saing Tinggi dan Tetap Eksis Meski Pandemi

cara agar bisnis berdaya saing tinggi

Blogsadli.com,- Cara Agar Bisnis Berdaya Saing Tinggi dan Tetap Eksis Meski Pandemi. Memiliki perusahaan dengan daya saing tinggi tentunya menjadi impian terbesar dari sebuah perusahaan, sampai banyak hal dilakukan. Tetapi bukan tidak mungkin jika memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, keinginan untuk bertumbuh terus hingga mengikuti perkembangan zaman dan pandai beradaptasi. Tidak sedikit perusahaan yang mengeluarkan badget lebih untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya melalui pelatihan-pelatihan, baik online ataupun offline.

Persaingan bisnis yang semakin ketat, membuat peningkatakan kualitas SDM menjadi hal yang penting. Karena, agar sebuah perusahaan bisa terus eksis, penting untuk memastika kualitas sumber daya manusianya. Terlebih lagi pelatihan peningkatan SDM dalam sebuah perusahaan terhitung sebagai hal yang sangat kruasial.

Bagaimana Meningkatkan SDM Saat Pandemi

Kita semua pasti tahu bahwa pandemi ini memberikan efek yang lumayan dalam segala sektor, termasuk sektor perekonomian terkhusus beberapa perushaan. Karena biasanya peningkatan SDM bisa dilakukan dengan mengirim delegasi perusahaan untuk mengikuti pelatihan atau training secara offline. Namun karena pandemi inilah semunya menjadi terhambat, dikuranginya mobilitas serta menjauhi kerumunan menjadi sebuah hal yang sebagikanya dihindari.

Karena alasan pandemi inilah akhirnya pelatihan online bisa menjadi pilihan yang tepat. Didukung dengan teknologi yang pastinya semakin memudahkan setiap individu hingga kelompok untuk melakukan aktivitas meski hanya daring. Teknologi digital seperti sekarang ini bisa dikatakan sangat membantu. Salah satu yang sering digunakan sekarang adalah LMS atau Learning Management System.

For Your Information, LMS kini sudah menjadi salah satu alternatif untuk kegiatan pembelajaran digital atau secara daring. Nah, salah satu LMS di Indonesia yang menyajikan jasa pelatihan online bagi SDM-SDM di berbagai perusahaan, dan sudah memiliki track record yang baik dalam menjawab kebutuhan pelatihan karyawan secara digital adalah ruangkerja by Ruangguru.

Baca Juga:  3 Cara Paling Mudah Untuk Cek Pulsa AXIS Pakai Aplikasi dan SMS

Kenapa Harus ruangkerja by Ruangguru?

Ruangkerja memahami beragam kebutuhan jika terkait dengan proses pelatihan ini, terlebih dengan banyaknya inovasi dari runagkerja ini dalam tipe kelasnya. Beberapa fitur ini terbukti bisa mendukung proses pelatihan yang nyaman untuk seorang karyawan.

Apalagi dengan penggunaan teknologi mobile learning, ruangkerja menawarkan sistem pembelajaran yang fleksibel dan bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Dengan kata lain, pelatihan ini disesuaikan dengan jadwal dari karyawan.

Terlepas dari itu semua, tentunya ada kekhawatiran mengenai efektif atau tidaknya, atau ada poin-poin pembelajaran yang terlewatkan. Dan kekhawatiran seperti ini memang sebuah hal yang manusiawi, tapi kekhawatiran ini sudah diantisipasi oleh ruangkerja.

cara agar bisnis berdaya saing tinggiBagaimana caranya? Caranya adalah dengan sistem learning journey, dimana karyawan akan belajar dengan gaya belajar terstruktur dan juga sistematis. Dengan demikian, tidak akan ada kebingungan harus belajar mulai dari mana dan sampai mana. Dan sistem ini memang dirancang untuk karyawan yang sibuk.

Fitur yang bagus untuk karyawan

Selain sistem learning jourey, ruangkerja juga menawarkan fitur learning plan. Fitur ini memang didesain khusus untuk mempermudah perusahaan dalam menyusun kelas untuk karyawan agar terstruktur dan sistematis. Dengan begitu bisa disesuaikan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh masing-masing karyawan. Jadi perusahaan tidak perlu khawatir jika yang dipelajari karyawan tidak sesuai kebutuhan.

Ada juga yang namanya fitur kolaborasi. Fitur ini semacam forum diskusi agar setiap pelatihan mendapat kesempatan berkolaborasi dengan peserta lainnya. Dan yang spesial lagi adalah peserta bisa bertanya pada ahli terakit materi yang dipelajari, ini bisa dikatakan efisien dan efektif lho.

Selanjutnya ada fitur leaderboard yang bisa memacu peserta lain untuk mendapat nilai setinggi-tingginya dan peringkat ini bisa dilihat oleh leadernya. Tidak menutup kemungkinan juga mereka bisa mendapatkan sertifikat atas prestasinya tersebut.

Baca Juga:  Kenapa Harus Menulis?

LMS ruangkerja menawarkan kepada Anda solusi untuk pelatihan karyawan perusahaan yang fleksibel. Para peserta akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses materi belajar dengan menggunakan beragam perangkat mulai dari handphone atau PC/laptop.

Nah, salah satu bagian terpenting yang menjadi alasan mengapa ruangkerja dipercaya oleh banyak perusahaan menjadi mitra pelatihan online yaitu, ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan para administrator bahkan pimpinan dalam monitoring, menentukan kelas apa saja yang ingin diberikan, dan memberikan penilaian.

Kemudian, peserta dapat memperoleh poin yang bobotnya ditentukan langsung oleh perusahaan apabila peserta telah menyelesaikan modul pelatihan pada kelas perusahaan yang telah ditugaskan. Jadi, semuanya bisa dikontrol dengan baik tanpa khawatir pelatihan yang dilakukan berjalan tidak maksimal.

Oke, secara teknis ruangkerja memang sangat efektif, begitu juga berdasarkan waktu sangat efisien untuk digunakan. Lalu bagaimana terkait harga? Apakah ruangkerja juga mampu menghemat anggaran perusahaan untuk pelatihan para karyawan?

Jawabannya adalah IYA. Ruangkerja memiliki sistem Cloud-Based, sebuah investasi perusahaan agar lebih hemat.

Subscription model melalui cloud ruangkerja, akan menghemat investasi perusahaan hingga milyaran rupiah dibandingkan membangun sistem sendiri. Waktu implementasi pun jauh lebih singkat dan hanya butuh 2 minggu saja untuk dapat go live. Dilengkapi SSL Security, konten dan data perusahaan juga akan aman terlindungi di cloud ruangkerja.

Jadi, tunggu apalagi? Inilah saatnya membantu para karyawan Anda untuk tumbuh, dengan begitu, rencana dan inovasi perusahaan untuk bergerak lebih maju dapat dilakukan dengan bersama-sama dan lebih mudah.

Dengan memercayakan proses pelatihan karyawan melalui ruangkerja, perusahaan Anda akan menghemat waktu, memangkas pengeluaran perusahaan, serta mempermudah monitoring pelatihan

About the author: ilhamsadli

Penikmat senja dan puisi, selain juga suka dengan tantangan baru. Berhenti belajar artinya aku mati

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.