Blogsadli.com,- Kali ini saya akan sedikit cerita pengalaman kirim barang murah ke luar kota, namun barang ini sifatnya khsusus. Ketika itu juga kondisi baru masuk pandemi, jadinya kereta api masih hanya beberapa yang operasi. Jadi ketika itu saya sempat bingung untuk kirim barang murah ke luar kota. Sempat bingung, namun atas arahan teman yang biasa kirim barang memberikan arahan untuk mencoba ekspedisi yang biasanya mengirim kargo.

Pengalaman kirim barang pertama kali, karena saya pribadi belum pernah melakukan pengiriman barang khusus barang satu ini. Barang itu adalah kucing, yang kebetulan waktu sebelum Ramadhan kemarin kucing tersebut sudah siap diadopsi oleh seorang teman di luar kota. Akhirnya saya harus merelakannya, karena memang ketika itu saya tidak sanggup untuk merawatnya.

Cara Kirim Barang Murah Ke Luar Kota

Kirim barang murah melalui ekspedisi terdekat adalah salah satu solusi ketika ingin mengirim barang ke luar kota. Dan ternyata setelah melakukan kirim barang ke luar kota dengan ekspedisi kargo kemarin akhinrya mengerti bagaimana cara kirim barang murah, aman, dan nyaman. Karena saya termasuk pribadi yang was-was dan suka khawatir dengan proses kirim barang ke luar kota.

Jadi, kali ini saya akan memberikan cara kirim barang atau tips kirim barang dengan mudah dan aman melalui ekspedisi. Apa saja? Berikut ini tips yang bisa diterapkan.

Memilih Layanan Kirim Barang Terlebih Dahulu

Sebelum benar-benar kirim barang ke luar kota, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih layanan terlebih dahulu. Karena layanan yang kita pilih nantinya akan menentukan bagaimana barang yang kita kirim nantinya. Cek bagaimana history ekspedisi tersebut, servicenya dan testimoninya.

Baca Juga:  7 Tips Mengatasi Cemas yang Berlebihan

Cek Harga Ongkos Kirim Barang

Setelah memilih layanan kirim barang yang sesuai dengan kebutuhan dan keamananannya. Perlu juga untuk memperhatikan harga ongkos kirim barang, baik itu kirim barang jenis apapun. Karena ini salah satu cara untuk mempersiapkan isi dompet sebelum melakukan kirim barang, dan harga ongkos kirim barang yang selalu dijadikan pilihan adalah harga kirim barang murah dan berkualitas.

Packing Barang yang Akan Dikirim

Untuk keamanan barang dan kenyamanan pengirim sendiri, tentunya packing yang bagus dan aman bisa menjadi salah satu solusi dari cara kirim barang yang aman. Ada beberapa jenis packing yang biasanya digunakan, misalkan dengan kayu, buble, kardus, dan sejenisnya.

Namun Jangan lupa untuk selalu cek barang yang akan dikirim terlebih dahulu. Jenis barang apa yang akan dikirim? Termasuk jenis barang yang mudah pecah atau tidak? Kalau seperti saya kemarin, mengirim kucing ke luar kota, tentunya packingnya adalah membeli kargonya terlebih dahulu di pet shop. Memilih dan memastikan kargo yang akan digunakan cukup untuk ukuran kucing, kemudian keamanannya bagaimana juga menjadi hal yang selalu dipertimbangkan.

Menulis Alamat yang Jelas

Pernah punya pengalaman salah alamat, atau barang hasil belanja online dan dikirim ternyata tidak kunjung datang? Nah, biasanya masalah kirim barang seperti ini dikarenakan alamat yang ditulis oleh pengirim tidak begitu lengkap. Beberapa kali kurir ekspedisi bingung tempat mengantarkan barang, terlebih lagi jika tidak memiliki nomor rumah. Maka pastikan selalu menentuka  titik temu dimana lokasi yang pas untuk transaksi serah terima barang agar tidak salah alamat.

Pengalaman Kirim Barang Murah Menuliskan alamat yang jelas menjadi hal yang benar-benar penting dan jangan sampai keliru menulis alamat. Untuk alamat ini biasanya ditulis sedetail mungkin hingga nomor rumah, RT/RW, dan penetima atas nama siapa dan yang terakhir kontak person yang bisa dihubungi ketika barang tiba ke kota penerimanya.

Baca Juga:  Anak Kost? Yuk, Bikin Dapur Pribadi Sendiri dengan 5 Perlengkapan Masak Praktis Ini

Cek Status Pengiriman

Setelah semua prosedur diatas tadi dilakukan dengan baik dan benar, maka yang perlu dilakukan selanjutnya ketika kirim barang tentunya adalah memastikan bahwa barang tersebut sampai ke tujuannya. Cara mengeceknya bisa menggunakan nomor resi yang ada ketika kita sudah melakukan pembayaran ekspedisi dan barang sudah ready untuk dipacking oleh pihak ekspedisi.

Dalam hal kirim barang, sek status pengiriman menjadi penting untuk diperhatikan, karena ketika kiriman ternyata belum juga diproses maka kita bisa melakukan komplain terhadap ekspedisi tersebut sehingga barang yang dikirim nantinya akan diproses kembali. Pastikan untuk cek status pengiriman hingga benar-benar barang tersebut sampai ke tujuang pengiriman tersebut.

Kesimpulan

Mencari jasa kirim barang murah itu tidak mudah, karena benar-benar harus pandai memilah dan memilih ekspedisi yang akan digunakan. Semakin teliti kita memilih ekspedisi, maka semakin besar kemungkinan barang yang kita kirim tiba dengan selamat ke tempat yang tepat. Semoga pengalaman kirim barang murah berupa kucing melalui ekspedisi kargo bisa kalian gunakan sebagai salah satu bahan acuan untuk melakukan kirim barang ke luar kota.