Menganal Apa Itu Mesin Roasting Kopi

mesin roasting kopi

Blogsadli.com,- Menganal Apa Itu Mesin Roasting Kopi. Kopi menjadi satu bagian penting dalam kehidupan anak muda zaman sekarang, karena banyak yang beranggapan bahwa kopi atau ngopi identik dengan hal romantis. Tidak sedikit banyak yang bahkan menjunjuang slogan mengenai kopi adalah pasangan terbaik ketika menikmati senja. Memang ada yang menikmati kopi hingga belajar bagaimana mengolah kopi, bahkan tidak cukup hanya begitu karena ada pula yang bahkan mengambil penelitian mengenai kopi.

Kalau diperdalam bahasan mengenai secangkir kopi, tentunya tidak lepas dari bagaimana penanaman kopi, perawatan, pemilihan, proses roasting kopi hingga penyajiannya dalam satu cup kopi. Karena cita rasa kopi terbaik tidak hanya dipengaruhi oleh kopi yang dipilih melainkan bagaimana kopi itu diroasting oleh mesin roasting terbaik hingga pada tahap pengolahan serta penyajiannya. Untuk seorang pecinta kopi sebenarnya, memang kebanyakan mengetahui detail prosesnya.

Akan tetapi, untuk kali ini bahasan blogsadli fokus pada proses roastingnya, karena nanti jika ada kesempatan akan dibahas juga proses pengolahan hingga penyajiannya.

Pengertian Mesin Roasting Kopi

Untuk bisa menikmati secangkir kopi hangat dan nikmat tentu tidak bisa lepas dari mesin roasting, teknik pengolahan sampai penyajiannya. Menurut beberapa sumber terpercaya bahkan di journal hingga artikel populer menyatakan bahwa roasting ini sebenarnya adalah proses sangrai kopi. Pada proses roasting menggunakan mesin roasting terbaik ini tentunya menjadi satu langkah penting.

Kenapa demikian? Beberapa fakta mengatakan bahwa salah satu tahapan terpenting dalam menyajikan sebuah penuh citarasa nikmat adalah roasting. Karena di tahap ini, aroma dari biji kopi dapat keluar dengan sempurna. Apabila tidak tepat, maka hasil rasa kopi bisa saja seperti ada kurangnya. Seperti halnya seorang barista sangat tahu tentang hal ini. Diperlukan skill yang baik dalam proses ini. Di mana cita rasa kopi mampu divariasikan sesuai selera, tergantung pada bagaimana proses roasting ini dilakukan.

Baca Juga:  5 Cara Kirim Barang Murah Ke Luar Kota
Menganal Apa Itu Mesin Roasting Kopi
source: nutracomesindonesia

Dalam proses roasting kopi, ada beberapa tahap yang biasanya dilakukan oleh seorang barista. Beberapa tahapan ini adalah proses pengeringan, penguningan, first crack, menentukan warna biji kopi dan terakhir adalah second crack. Pada tahap pengeringan, kandungan air dalam kopi dikeluarkan dan dilakukan dengan dipanggang. Kemudian di tahap penguningan kulit kopi dilepas sampai tersisa bijinya saja. Secara umum ada 3 tingkatan Roasting kopi secara umum yaitu dark roast dengan ciri memiliki warna paling gelap dan biasanya berminyak, sedangkan light roast memiliki warna coklat kekuningan yang muda dan paling ringan.

Industri Bisnis Kopi di Indonesia

Dikutip dari undip.id, Jumlah kedai kopi di Indonesia meningkat tiga kali lipat dari 1.083 gerai pada 2016, menjadi lebih dari 2.937 gerai pada 2019, dan angka tersebut akan terus bertambah. Dengan jumlah gerai yang ada saat ini, Toffin memperkirakan total keuntungan Coffee Shop di Indonesia mencapai Rp 4,8 Triliun!

Tentunya dengan perkembangan seperti ini membuka peluang besar untuk pengembangan bisnis kopi di Indonesia. Terlebih kebiasaan anak muda sekarang menjadi kopi menjadi sebuah trend, bahkan bisa dikatakan bahwa ngopi adalah bagian dari proses pendewasaan. Sadar atau tidak, jika diperhatikan dengan seksama di beberapa kota besar bahkan di desa-desa sekarang sudah marak sekali dibangung cafétaria atau kedai kopi atau bahkan stand kopi kemasan.

Jikalau zaman dulu (orang tua kita) menikmati kopi di warung kopi atau menikmati suguhan kopi untuk menghilangkan kantuk, kini sudah berubah. Bahkan ketika melakukan kegiatan atau mengerjakan tugas kuliah sudah pasti di samping mahasiswa tersebut adalah kopi. Karena memang kenyataannya minum kopi bisa meningkatkan konsentrasi. Lalu, bagaimana caranya untuk memulai bisnis kopi ini? Maka bisa menyiapkan mesin roasting terbaik dengan menjadi bagian dari distributor mesin kopi terbaik di Indonesia.

Baca Juga:  5+ Tips Meraih Percaya Diri di Depan Audience

Distributor mesin kopi

Untuk memperoleh mesin roasting terbaik, tentunya langkah yang paling utama adalah dengan memilih distributor mesin kopi terlebih dahulu. Karena pada faktanya, distributor mesin roasting kopi inilah yang akan langsung menawarkan kepada yang  membutuhkan mesin roasting kopi terutama untuk pengembangan bisnis. Tidak perlu lagi melakukan modifikasi atau merakit dari nol, tetapi cukup dengan membeli pada distributor kopi maka anda sudah menjadi bagian darinya.

Jangan sampai karena ingin mendapatkan cita rasa kopi terbaik kemudian lupa bahwa tahapan mendapatkannya adalah memilih distributor mesin kopinya. Niat hati ingin bisnis sekaligus menikmati cita rasa kopi yang nikmat malah menjadi boomerang. Jadi benar-benar harus memerhatikan siapa distributor mesin kopi ini.

Pastikan bahwa memang distributor mesin kopi ini terpercaya dan sudah dipercaya oleh banyak orang seperti Nutraco Mesindotama. Karena Nutraco Mesindotama pertama kali didirikan pada tahun 1989 sebagai perusahaan perdagangan yang mengkhususkan diri dalam mesin industri makanan dan minuman serta sudah bekerjasama dengan banyak brand serta perusahaan terkenal di dunia. Jadi tidak perlu diragukan lagi.

About the author: ilhamsadli

Penikmat senja dan puisi, selain juga suka dengan tantangan baru. Berhenti belajar artinya aku mati

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.