Dijamin Ampuh! Ini 5 Tips Mudah Membuat Artikel Blog yang Berkualitas

5 Tips Mudah Membuat Artikel Blog yang Berkualitas

Blogsadli.com,- Membuat artikel blog yang berkualitas adalah sebuah kunci untuk bisa membuat blog tetap hidup dan menghasilkan. Meskipun kadang-kadang ada juga blogger yang beropini bahwa kualitas urusan belakangan tetapi yang utama adalah kuantitas. Akan tetapi, ada satu teori yang menjadi landasan bahwa membuat artikel blog yang berkualitas menjadi penting adalah “konten adalah raja”

Selain alasan itu, membuat para pengunjung merasa nyaman dan kembali lagi suatu saat nanti adalah alasan kenapa menulis artikel blog yang berkualitas itu penting. Kalau sudah membuat artikel yang berkualitas, tentunya ada banyak value yang didapatkan serta bisa ditawarkan suatu saat nanti.

Tips Mudah Membuat Artikel Blog yang Berkualitas

Berikut ini adalah tips mudah membuat artikel blog yang berkualitas sehingga bisa memanjakan pembaca.

Pastikan Artikel Blog Bermanfaat

Tips pertama membuat artikel blog berkualitas adalah memastikan tulisan yang akan diposting bermanfaat, tidak merugikan banyak orang. Misalkan saja artikelnya berupa pengalaman melakukan perjalanan solo traveling sehingga banyak yang bisa belajar bagaimana agar perjalananmu nanti lebih bagus dan berkesan, serta bisa juga menjadi rekomendasi tujuan wisata untuk para pembaca.

Jangan sampai artikel yang dibuat malah mengandung unsur sara atau informasi berisi hoax atau malah bisa jadi berisi adu domba. Tentunya hal ini sebaiknya dihindari, karena dampaknya mungkin tidak akan terlihat dalam satu atau dua minggu, tetapi bisa saja akan memberikan efek setelah jangka panjang. Makanya penting untuk membuat sebuah artikel yang berkualitas dengan mementingkan seberapa manfaat untuk pembaca.

Dan satu lagi yang tidak kalah pentingnya adalah dengan membuat konten yang orisinil, jangan sampai menjiplak tulisan orang. Maka tips pentingnya adalah selalu riset pasar atau kebutuhan pasar, misalkan ada kasus penipuan online maka bisa membuat artikel tentang bagaimana terhindar dari itu.

Jika Diperlukan, Lengkapi Dengan Data yang Valid

Beberapa artikel blog yang berkualitas membutuhkan data yang valid, misalkan berisi tentang sebuah riset atau kesehatan. Maka tentunya tidak bisa hanya mengandalkan “kata orang tua dulu” melainkan akan lebih sempurna apabila dilengkapi dengan data yang valid. Data yang valid ini bisa saja diambil dari hasil riset di jurnal, data statistik hingga website atau portal yang diketahui kevalidannya.

Misalkan artikelnya membahas tentang kenapa harus memilih Samsung Galaxy atau rekomendasi earphone murah dan seterusnya. Jadi memang diperlukan data yang valid agar pembaca semakin yakin dengan tulisan di blog tersebut.

Selalu Perhatikan Struktur Konten

Banyak diantara para pembaca lebih menyukai tulisan atau konten blog dengan type listicle atau berbentuk list, karena lebih mudah dibaca dan dipahami. Memang dalam hal membuat artikel yang berkualitas sangat penting memperhatikan struktur konten. Kalau dalam penerapannya, ada istilah Heading (H1) kemudian Subheading (H2), Sub Subheading (H3) dan seterusnya. Ini bertujuan agar point-point yang akan disampaikan bisa lebih maksimal.

Artikelnya Seo Friendly dan Human Friendly

Artikel blog yang berkualitas selanjutnya adalah Seo Friendly dan Human Friendly. SEO Friendly di sini maksudnya adalah struktur OnPage nya terpenuhi dengan target keyword, peletakan keyword hingga komposisi keyword penting untuk diperhatikan. Namun yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah Human Friendly karena pembaca blog nantinya adalah manusia, bukan robot. Istilah lainnya adalah kelayakan bacaan tersebut.

Didukung Dengan Media Foto atau Video

Syarat terakhir agar artikel blog berkualitas adalah dilengkapi dengan media pendukung seperti foto atau video. Penggunaan foto dan video ini tentunya haruslah berhubungan dengan artikel yang dibahas, sehingga video atau foto di sini berfungsi untuk memberikan informasi tambahan. Jadi, bukan hanya sekadar hiasan saja melainkan juga difungsikan untuk melengkapi informasi.

Nah, dari 5 tips membuat artikel yang berkualitas ini, mana yang sering kali terlewat olehmu?

About the author: ilhamsadli

Penikmat senja dan puisi, selain juga suka dengan tantangan baru. Berhenti belajar artinya aku mati

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version