Tips Memilih Laptop Terbaik Secara Online Sesuai Budget

memilih laptop online

Blogsadli.com,- Laptop dan Gadget lainnya seperti smartphone sekarang sudah seperti kebutuhan primer, apalagi dengan ramainya jenis pekerjaan freelance dan remote. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa dunia kerja yang remote dan wfh lebih banyak diminati daripada bekerja di kantor. Oleh karenanya kebutuhan laptop ini sangat penting dan tidak kalah pentingnya adalah bagaimana cara membeli laptop secara online yang baik.

Kemudahan dalam akses banyak hal membuat satu kebiasaan baru yaitu berbelanja banyak hal secara online. Masih ada orang yang bingung ketika memilih laptop secara online dan mendapatkan pilihan terbaik untuknya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan tak semua dapat menyesuaikan spesifikasi laptop dengan kebutuhannya.

Selain itu, berbagai jenis merk dipasaran juga menjadi salah satu pertimbangan yang cukup membingungkan. Dalam pemilihan laptop perlu adanya pemilihan yang tepat sehingga laptop bisa tahan lama dan tetap awet digunakan.

Tips Memilih Laptop Secara Online

Dalam memilih laptop untuk digunakan, beberapa hal yang perlu dijadikan acuan adalah “laptop ini digunakan untuk kebutuhan apa?, merknya apa, dan mau ada spesifikasi apa saja?” Karena beberapa hal ini akan menjadi landasan dalam menentukan laptop mana yang cocok untuk dibeli nantinya. Kalau masih bingung dengan beberapa acuan tadi, semoga saja tips memilih laptop secara online ini bisa membantu memudahkan dalam menentukan laptop pilihan yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilihlah Laptop Dari Merk Terkenal

Tanpa diberikan tips ini juga sudah pasti akan memilih berdasarkan merk terkenal. Tetapi salah satu alasannya adalah karena ketika memilih laptop berdasarkan merk terkenal, tentu tidak ada keraguan kualitas dan pelayanan. Selain itu, setiap brand besar seperti HP, ACER, ASUS, Lenovo atau sejenisnya ini biasanya sudah tersebar juga Service Centernya.

Baca Juga:  Rekomendasi Laptop Terbaik 2023: Teknologi Terbaru di Ujung Jari

Dengan begini maka sebagai seorang konsumen tentunya diuntungkan. Karena apabila terjadi masalah pada laptopnya bisa langsung konsultasikan dengan service centernya. Pelayanan service jadi lebih mudah dan lebih nyaman karena tidak perlu melakukan perjalanan jauh ataupun mengirimkan barangnya.

Perhatikan Spesifikasi dan Fitur yang Dimiliki

Kalau berkaca pada kebutuhan penggunaan laptop, tentunya nanti pasti berhubungan dengan spesifikasi yang dimiliki oleh laptop pilihan. Misalkan saja, ketika membutuhkan laptop untuk live streaming gamers, tentunya spesifikasi yang optimal akan membantu dan layak dijadikan pilihan. Akan tetapi ketika hanya membutuhkan untuk menulis dan presentasi maka spesifikasi tidak perlu terlalu tinggi.

Jadi sebelum memilih untuk membeli laptop merk A dengan Type 12 maka sebaiknya cek dahulu detail spesifikasinya. Bisa dicek melalui website resminya kalau ingin lebih mudah, bisa cek melalui youtuber yang mereview laptop canggih tersebut. Kalau memang ingin membeli di marketplace atau membeli online, maka perhatikanlah secara detail mengenai review dari konsumennya. Kalau memang sebagian besar positif, maka bisa dijadikan pilihan.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Ketika membeli laptop secara online melalui marketplace, maka perhatikan dan pastikan membelinya sesuai dengan kebutuhan. Karena kebutuhan dan keinginan itu berbeda. Laptop kelas menengah untuk pekerjaan ringan dan laptop kelas tinggi untuk aktivitas berat dan multitasking.

Sesuaikan Dengan Budget yang dimiliki

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan saat membeli laptop adalah memastikan terlebih dahulu bahwa laptop yang akan dipilih sudah sesuaikan budget ataukah tidak. Jika punya budget lebih, kemungkinan bisa mendapatkan laptop yang lebih gahar atau kelas high-end yang memiliki spesifikasi dan fitur berteknologi terkini dengan banyak pilihan yang bisa dibeli.

Namun jika budget yang dimiliki ternyata terbatas, maka sebaiknya lebih teliti dalam memilih laptop yang memiliki spesifikasi sesuai dengan kebutuhan. Meskipun begitu, saat ini cukup banyak laptop kelas menengah dengan harga terjangkau yang memiliki dukungan spesifikasi maupun fitur yang ciamik yang bisa dibeli di pasaran.

Baca Juga:  5+ Rekomendasi hp Murah 2020 dan Cocok Untuk Sekolah Online

Selalu Perhatikan Nama Barang serta Reviewnya

Kalau pengalamanku, biasanya reviewer gadget seperti gadgetin menjadi salah satu acuan untuk membeli laptop atau perangkat gadget lainnya. Selain karena dijelaskan secara mendetail, dijelaskan juga kekurangan dari produk tersebut. Akhirnya bisa dijadikan bahan pertimbangan apakah mau membeli merk dan type tersebut atau tidak.

Dan satu lagi, kalau memang harus memilih laptop secara online, maka pastikan membeli di official storenya. Perhatikan penulisan nama serta keterangan dari barangnya. Jangan sampai kecewa karena ternyata tertipu oleh gambar, sedangkan di penjelasan atau keterangannya sudah jelas terpampang. Selain rating dan review, perhatikan juga jumlah penjualannya untuk memastikan apakah benar itu official store atau malah ternyata barang KW.

Pastikan Garansi Laptop Mudah diklaim

Salah satu masalah yang selalu dihadapi seorang pembeli barang online adalah garansinya. Pastikan untuk melihat kemudahan klaim garansinya. Karena kalau beli secara offline biasanya masih mendapatkan garansi toko. Nah, untuk membeli laptop online ini pastikan bahwa klaim garansinya tidak susah.

Jangan sampai salah beli. Ternyata membeli laptop tanpa garansi. Alhasil nantinya ketika terjadi hal yang tidak diinginkan malah bingung dan tidak mendapatkan jawaban apapun.

Kesimpulan

Nah, itu dia tips penting yang perlu diterapkan dalam membeli laptop online di marketplace. Jangan sampai salah pilih atau salah beli. Karena pilihanmu akan menentukan bagaimana kedepannya nanti. Masalah mau membeli online atau offline, itu tetap kembali pada pilihan masing-masing. Akan tetapi, jika ingin beli Online di marketplace, bisa gunakan voucher belanja di bawah ini.

About the author: ilhamsadli

Penikmat senja dan puisi, selain juga suka dengan tantangan baru. Berhenti belajar artinya aku mati

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.