Kompetisi Film Pendek di Sundance Film Festival: Asia 2021

Sundance Film Festival

Blogsadli.com,- Sundance Film Festival: Asia adalah persembahan XRM Media dan IDN Media dengan bangga mengumumkan adanya pelaksanaan Short Film Competition sebagai salah satu rangkaian acara di festival ini. Agenda ini disponsori oleh Argo, sebuah platform streaming dan kurator global film pendek, kompetisi ini dibuka untuk para insan perfilman Indonesia. Kompetisi ini memiliki tujuan untuk menemukan, membina, dan memberikan panggung bagi talenta-talenta baru di industri film dan memperkenalkan mereka ke kancah global.

Wiston Utomo sebagai CEO IDN Media mengatakan bahwa “film pendek akan selalu menjadi salah satu bagian penting dari dunia film dan storytelling. Karya karya film pendek memiliki tempat tersendiri d hati para penggemar film, terutama di sundance Film Festival: Asia. Dalam Short Film Competition ini, kami sangat menantikan kreativitas para sineas Indonesia melalui karya-karyanya. Kami sangat berharap Sundance Film Festival: Asia dapat menjadi wadah bagi berkembangnya industri film di Indonesia.”

Reward Untuk Para Pemenang Sundance Film Festival

Menurut keterangan penyelenggara, film pendek yang terkumpul melalui kompetisi ini akan dikurasi oleh dewan juri. Dewan juri ini merupakan perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, Argo, dan seorang sutradara film alumni Sundance Film Festival. Sedangkan untuk para Pemenang Jury Award berhak menerima hadiah uang tunai sebesar USD 2,000 yang disponsori oleh Argo. Berikut ini adalah nama yang tergabung sebagai dewan juri antara lain:

  • Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival
  • Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival
  • Mike Plante, Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival
  • Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
  • Joko Anwar, Filmmaker, alumni Sundance Film Festival
  • Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo
Baca Juga:  Sundance Film Festival Asia 2021 Digelar Virtual dan Tiket Digital Sudah Bisa Dibeli 15 September

Selain mendapatkan hadiah uang, film pendek yang memenangkan kompetisi ini akan diputar di soundance Film Destival: Asia 2021 pada bulan September mendatang. Tidak Cuma itu, ternyata ada juga penghargaan yang berupa kesempatan untuk masuk dalam nominasi Sundance Film Festival 2020 serta penawaran distribusi secara global melalui platform Argo.

Pendaftaran Sundance Film Festival

Karena ini adalah kompetisi Pendaftaran Short Film Competition ini akan dibuka hingga 9 Juli 2021. Untuk syaratnya adalah peserta merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas, baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri. Untuk genre film yang didaftarkan, tidak ada batasan genre atau tema film yang bisa diikutsertakan, dengan ketentuan proses pengerjaan film harus selesai pada atau setelah 1 Januari 2019 dan durasi film antara 3 hingga 20 menit.

Sundance Film FestivalUntuk informasi lebih lanjut mengenai Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition, kunjungi halaman Film Freeway https://filmfreeway.com/SundanceAsia.

Sekilas Tentang Sundance Institute

Buat yang belum mengerti apa itu Sundance Institute. Sundance Institute adalah kurator film independen, Sundance Institute merupakan lembaga nirlaba yang menyediakan ruang bagi seniman di bidang film, teater, dan media digital untuk berkreasi dan berkembang. Sundance Institute didirikan pada tahun 1981 oleh Robert Redford dan dilangsungkan di Amerika Serikat, program-program yang diciptakan bertujuan untuk mengembangkan beragam proyek. Sundance Co//ab merupakan platform komunitas digital yang menyatukan seniman untuk saling bertukar ilmu dan tetap terhubung dalam sebuah ruang kreatif.

Sundance Film Festival juga menghubungkan penonton dan seniman untuk melahirkan ide-ide baru yang autentik, sehingga komunitas film independen pun dapat terbentuk. Sundance Institute telah mendukung beragam proyek lain, seperti Clemency, Never Rarely Sometimes Always, Zola, On The Record, Boys State, The Farewell, Honeyland, One Child Nation, The Souvenir, The Infiltrators, Sorry to Bother You, Won’t You Be My Neighbor?, Hereditary, Call Me By Your Name, Get Out, The Big Sick, Mudbound, Fruitvale Station, City So Real, Top of the Lake, Between the World & Me, Wild Goose Dreams and Fun Home.

Baca Juga:  5 Cara Kirim Barang Murah Ke Luar Kota

Tentang Platform Argo

Argo adalah platform streaming yang berkomitmen untuk membangun komunitas, Platform ini menghubungkan pembuat film dengan penonton, dan menampilkan semua genre film pendek yang dikurasi ke dalam playlist bertema dari seluruh dunia.

Argo menjamin hak komersial para pembuat film. Atas dasar bagi hasil, Argo bertujuan untuk memastikan bahwa pembuat film dapat memiliki kesempatan untuk benar-benar menunjukkan hasil karya mereka, sambil menghibur dan menginspirasi film-film independen yang baru. Temukan film pendek favorit Anda di www.watchargo.com, atau di aplikasi Argo yang tersedia di iTunes App Store dan Google Play Store. Ikuti kami untuk pembaruan tentang film baru kami di Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube.

About the author: ilhamsadli

Penikmat senja dan puisi, selain juga suka dengan tantangan baru. Berhenti belajar artinya aku mati

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.