Blogsadli.com,- Penyebab Insecure dan Cara Mengatasinya. Siapa yang pernah nonton film imperfect yang mengisahkan seseorang yang awalnya insecure menjadi bersyukur. Karena insecure adalah titik terendah dari turunnya kepercayaan diri seseorang, tentunya hal ini harus kita hindari. Ada banyak alasan kenapa seseorang menjadi insecure, bisa karena paras, suara, postur tubuh, bentuk tubuh, hingga kadang bau badan. Ketika seseorang insecure, biasanya akan menggunakan banyak cara untuk bangkir dari insecure tersebut, namun tidak sedikit akhirnya yang berlari ke arah overthinking.

Saya sering sekali menyimak dan mengamati pengguna twitter, mereka mengeluhkan banyak hal yang itu menggambarkan bahwa mereka sedang insecure. insecure adalah perasaan tidak aman yang dirasakan seseorang.

Penyebab Insecure dan Solusinya

Bisa dikatakan bahwa, seseorang akan merasa ada suatu hal yang kosong dan berusaha untuk mengisinya dengan berbagai cara. Tetapi biasanya penyebab insecure diantaranya adalah berikut ini. Beberapa penyebab insecure pada seseorang.

Takut dengan kegagalan dan Penolakan

Perasaan takut gagal dan penolakan adalah salah satu penyebab insecure yang dialami oleh seseorang. Perasaan seperti ini biasanya disebabkan karena adanya jarak yang terlalu kelihatan. Kalau berkaca dari para pengguna twitter, hal sederhana yang bisa membuat insecure karena takut penolakan adalah user iphone dengan user android. Padahal penolakan belum tentu anda tidak baik, hanya saja mungkin bukan tipe yang dia cari dan tidak bisa membuat dia nyaman berada di sekitarmu. Entah sebabnya karena penampilan, perilaku atau mungkin bau badan.

Punya Standar Teralalu Tinggi

Insecure juga bisa disebabkan karena terlalu punya standar tinggi atau ekspektasi yang terlalu besar, sehingga akhirnya ketika realitanya berbeda akan merasa tertekan dengan keadaan. Karena insecure ini adalah perasaan yang membuat orang kadang stress, maka sebaiknya jangan terlalu tinggi ekspektasi kita terhadap sesuatu, sewajarnya saja. Karena tidak semua apa yang kita inginkan bisa kita dapatkan.

Baca Juga:  4+ Nama Bayi Perempuan Cantik Yang Terinspirasi Dari Nama Anak Artis Indonesia

Korban Bullying

Sadar atau tidak, ucapan kita terkadang membuat seseorang merasa insecure dan itu bisa digolongkan sebagai bullying sebenarnya. Pertanyaan yang paling sering biasanya seputar “kamu kapan nikah?, kamu kapan wisuda? Kapan nambah anak? Dan seterusnya.” Itu adalah pertanyaan-pertanyaan yang menajdi penyebab insecure seseorang yang mungkin saja kita kenal. Jadi usahakan untuk tidak melakukan hal itu lagi.

Karena Penampilan yang tidak Menarik

Penampilan memang bukan segalanya, tetapi segala sesuatunya memang dinilai dari penampilan terlebih dahulu. Orang lain jika belum kenal akrab dengan kita, tentunya tidak bisa untuk menilai kita secara dalam dan hanya bisa melihat dari penampilan saja atau biasanya disebut sebagai first impression. Kalau memang tidak bisa berpenampilan stylish seperti model atau orang-orang, minimal berpenampilan yang rapi atau bersih saja.

Bau Badan

Bukan hanya insecure tetapi kadang orang lain jadi malas untuk berhubungan langsung dengan kita karena bau badan. Aroma yang tidak sedap ini tentunya akan menghalangi komunikasi, sehingga komunikasi terhambat. Alhasil kita merasa insecure karena hal ini, karena bau badan bisa digolongkan sebagai penyebab insecure.

Persoalan bau badan ini memang sering dialami, terutama jika bau badan disebabkan karena aktivitas yang terlalu padat, cepat berkeringat, hingga mungkin pakaian yang tidak bersih. Banyak hal negatif yang bisa disebabkan oleh bau badan selain insecure ini. Penggunaan deodorant, penggunaan parfume dan seterusnya bisa dijadikan salah satu solusi untuk menghilangkan bau badan ini. Insecure adalah masalah, maka masalah pasti ada penyelesaiannya.

Bagaimana Cara Mengatasi Insecure?

Segala sesuatu pasti ada obatnya, atau minimal acara untuk mengatasinya. Coba pikirakn kembali apakan anda termasuk dalam golongan yang insecure atau tidak. Apabila Anda telah memahami dan neyadari bahwa diri Anda memiliki perasaan insecure, maka mulai sekarang cobalah untuk berbenah agar tidak berlarut-larut terbenam dalam insecure.

Baca Juga:  Menurunnya harga tiket pesawat penerbangan domestik

Beberapa cara mengatasi insecure adalah seperti cara berikut ini. Semoga saja hal ini bisa membantu untuk mengembalikan kepercayaan diri kita.

  • Manjakan tubuh dengan relaksasi, seperti melakukan pijat atau perawatan wajah. Kalau sahabat saya bilang, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan meditasi atau merenung sehingga membuat otak menjadi lebih rileks.
  • Lakukan kegiatan yang disukai setidaknya 30 menit setiap hari. Misalkan suka menulis, maka lakukan hal itu minimal 30 menti dari 24 jam yang ada, karena menulis juga bisa menjadi salah satu obat untuk kesehatan mental.
  • Matikan sejenak smartphone (atau gunakan mode pesawat jika malas untuk mematikan smartphone) atau lakukan detoks media sosial.
  • Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, tentunya untuk membuat mood menjadi bagus dan tidak lagi insecure karena sesuatu.
  • Berlatih self-compassion dengan cara berbicara yang baik kepada diri sendiri, kalau bahasa sederhananya adalah memotivasi diri sendiri.
  • Pastikan kalau sudah makan secara teratur dan memiliki waktu tidur yang cukup.
  • Habiskan waktu dengan orang-orang terdekat atau tersayang, karena membantu menghargai kualitas dan perspektif unik diri sendiri. Minimal bisa berbagi kebahagiaan jika belum bisa berbagi cerita dengan mereka.