5 Pekerjaan Yang Cocok Buat Mahasiswa Dan Asyik Untuk Menjalankannya

Blogsadli.com,- Masa kuliah adalah waktu yang paling tepat untuk mencari banyak pengalaman. Dimana banyak mahasiswa yang mulai aktif di unit kegiatan mahasiswa, organisasi atau bekerja sampingan. Dengan bekerja sambil kuliah, selain mendapatkan pengalaman baru. Anda juga bisa mendapatkan penghasilan untuk menambah uang bulanan. Menjadi mahasiswa, apalagi merantau merupakan salah satu momen dimana anda bisa belajar mandiri bukan.

Anda pun akan belajar untuk tidak tergantung kepada orang lain dan belajar mandiri dalam hal finansial. Bahkan bukan isapan jempol dengan menjadi mahasiswa, anda memiliki kesempatan yang besar untuk memiliki penghasilan sendiri.  Jam perkuliahan yang tidak seharian penuh. Sebagaimana waktu belajar di sekolah. Anda bisa memanfatkan untuk mencari pekerjaan sebagai freelance.

Inilah Pekerjaan Yang Cocok Bagi Mahasiswa Untuk Menambah Penghasilan

Bekerja menjadi freelance ini akan membantu perekonomian keluarga anda selama menimba ilmu di perguruan tinggi. Setidaknya penghasilan dari bekerja secara freelance dapat menambah uang saku guna memenuhi kebutuhan bulanan. Lantas, pekerjaan apa yang bisa dikerjakan seorang mahasiswa sembari kuliah. Berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa anda jadikan referensi.

Guru privat

Sebagai seorang mahasiswa, pastinya anda sudah melewati tahapan sekolah. Mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA bukan.  Dan untuk dapat masuk ke universitas, apalagi perguruan tinggi negeri favorit. Tentu saja ada tahapan seleksi yang harus dilewati. Maka dari itu tidak ada salahnya jika anda mengasah kemampuan itu seraya mengumpulkan pundi – pundi dengan menjadi guru privat. Memilih pekerjaan sebagai guru privat anda bisa mengatur waktu anda dan membicarakan dengan murid atau orang tua ketika ingin mengajar.

Fotografer

Sembari menunaikan kewajiban menimba ilmu di kampus.  Anda bisa mencari pekerjaan sebagai fotografer freelance.  Dalam hal ini anda bisa bergabung dengan perusahaan maupun bergerak sendiri. Bahkan keberadaan komunitas ini juga bisa anda manfaatkan untuk memperluas jaringan sehingga kesempatan anda untuk menghasilkan uang dari jasa fotografer ini semakin besar.

Penulis lepas

Menjadi penulis lepas menjadi salah satu pekerjaan freelance yang sangat digemari saat ini.  sebab hanya bermodalkan laptop atau PC serta jaringan koneksi internet.  Anda dapat bekerja dimana pun.  Sehingga untuk anda yang merupakan mahasiswa yang memiliki bakat menulis. Maka hal ini dapat dijadikan kesempatan untuk menambah uang saku.

Pemandu wisata

Keberadaan tempat wisata ini menjadi peluang anda untuk menambah uang saku.  Maka dari itu anda bisa kunjungi dan kuasai tempat – tempat wisata tersebut. Setelah anda sudah hafal, anda bisa memilih pekerjaan sebagai pemandu wisata. Pekerjaan ini sangat cocok bagi mahasiswa yang suka berpetualang.

Editor foto

Di era digital ini, banyak yang memerlukan editor foto dan video dengan kontrak kerja freelance.  Freelancer yang menguasai banyak tools foto seperti Photoshop dan sebagainya banyak dicari perusahaan – perusahaan periklanan.  Sehingga bagi anda yang mahir menggunakan Photoshop, maka pekerjaan ini menjadi salah satu pilihan terbaik anda.

Pekerjaan Yang Cocok Buat Mahasiswa Untuk Menambah Penghasilan

Itulah dia beberapa pekerjaan freelance yang bisa anda kerjakan sembari kuliah.  Daripada waktu anda ini terbuang habis tak menentu.  Alangkah baiknya waktu dimanfaatkan untuk mencari uang yang bisa membantu ekonomi keluarga. Yang paling penting jangan sampai menelantarkan kuliah anda. Bagi anda yang masih bingung mencari informasi terkait lowongan pekerjaan anda bisa kunjungi website id.jooble.org. Website ini dapat membantu anda menemukan tipe pekerjaan yang cocok untuk anda.

About the author: ilhamsadli

Penikmat senja dan puisi, selain juga suka dengan tantangan baru. Berhenti belajar artinya aku mati

Related Posts

10 Comments

  1. Saya pernah tuh jadi penulis lepas ketika kuliah S1 dulu, sangat membantu sekali honornya dalam memenuhi kebutuhan kuliah

  2. Waktu saya kuliah, enggak bisa ngerasain job2 itu, karena waktu itu saya nyambi kerja di pabrik, jadi sambil kuli-ah saya jadi kuli juga hehee.

    Tapi temen2 saya, beberapa ada yg ngerasain jadi guru privat juga.

    Karena zaman kami kuliah, belum sefleksibel dan sebanyak sekarang untuk job freelance

  3. Waktu kuliah sering nulis. Nulis cerpen sama opini, wah senang kalau dapat honornya. Meski sedikit tapi karena rutin dimuat jadi lumayan juga pas dapat rapelan honor…Penah jadi guru privat juga…Yg jelas banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan untuk menangkal kantong kering…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Exit mobile version