3+ Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju Setelah Memasak

menghilangkan noda minyak di baju

Blogsadli.com,- Pernah membayangkan kalau di dapurmu nanti sebagian besar yang menguasainya adalah seorang laki-laki? Jika saja rumah itu adalah rumahku, maka pastinya aku akan sering di dapur untuk memasak. Namun yang paling membuat kesal ketika di dapur adalah baju yang kecipratan minyak, dan harus mencari solusi untuk menghilangkan noda minyak di baju. Karena minyak jika di baju putih atau yang berwarna pasti akan terlihat, jadi benar-benar menjadi noda yang membandel.

Kebiasaan Memasak di Dapur Kosan

Oh ya, beberapa bulan terakhir semenjak pandemi ini saya pribadi lebih sering memasak karena memang belum terlalu yakin untuk makan di luar. Sebagai anak kosan yang masih hidup sendiri alias belum menikah, tentu memasak sendiri adalah salah satu solusi ketika lapar melanda. Minimal memasak mie instan atau kopi. Tetapi sejak pandemik akhirnya lahan kosong di dekat parkiran saya gunakan untuk lahan tanam. Yang ditanami adalah cabe, bawang, bayam dan kangkung.

Memasak sayur memang sering dilakukan, tetapi lebih banyak memasak yang berminyak karena lebih simple seperti telur dadar atau tempe goreng hingga ayam goreng. Ini kebiasaanku ketika pandemi melanda, selain memang menghabiskan banyak waktu di depan laptop dan menyelesaikan buku bacaan yang kian bertumpuk di rak buku. Entah kenapa, memasak membuat mood menjadi bagus terutama ketika masakan itu terasa pas di lidah dan disukai teman yang berkunjung.

Sayang kalau adanya fasilitas dapur di kosan tidak dimanfaatkan, jadinya harus sering digunakan untuk masak. Tetapi selalu menjadi masalah adalah ketika baju terkena cipratan dari minyak, dan jujur itu agak susah untuk dihilangkan.

Baca Juga:  Kenapa Harus Menulis?

Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju

Ketika sedang masak atau mungkin ketika makan, sering terjadi kesalahan teknis seperti minyak yang tidak sengaja tumpah ke pakaian. Kalau dilihat secara kerapian dan kebersihan memang gak banget, tapi tetap bisa dibersihkan dengan cara menghilangkan noda minyak di baju yang tepat kok, asalkan caranya benar.

Biasanya, ketika noda minyak tumpah ke pakaian, awalnya memang tidak terlalu terlihat. Namun, beberapa saat kemudian noda itu meninggalkan warna gelap pada pakaian, apalagi jika warna baju yang kita gunakan adalah warna yang kontras. Ketika tersadar, kadang kita mencoba banyak cara untuk menghilangkan noda tersebut. Ada yang hanya terlihat menghilang tapi sebenarnya masih menempel. Nah, berikut ini adalah cara yang biasa saya gunakan untuk menghilangkan noda minyak yang menempel di pakaian.

Membersihkan Dengan Baking Soda

Siapa yang tidak tau baking soda? Ternyata selain digunakan sebagai pengembang kue, ternyata baking soda juga bisa digunakan untuk hal lain. Salah satunya adalah bisa digunakan untuk membersihkan noda minyak di baju. Caranya adalah dengan mencampurkan soda tersebut dengan sedikit air kemudian dioleskan pada bagian yang terkena noda minyak tadi. Sikat dengan sikat gigi saja pada bagian noda, namun ini hanya untuk yang nodanya hanya setitik doang.

Membersihkan Dengan Alkohol

Selain baking soda, alkohol juga bisa kok digunakan untuk menghilangkan noda minyak yang menempel di baju. Caranya hampir sama dengan penggunaan baking soda, bedanya hanya tidak perlu ditambahkan atau dicampurkan dengan air.

Menggunakan Rinso

Jika beberapa bahan seperti baking soda dan alkohol bisa digunakan untuk menghilangkan noda yang sedikit, namun jika nodanya masih membandel dan tersebar di banyak bagian baju. Maka solusinya adalah dengan menggunakan Rinso, saya sering menggunakannya untuk mengatasi noda minyak ketika terkena cipratan atau tumpah tak sengaja saat memasak di dapur. Bisa dengan memilih jenis yang cair atau yang bubuk, karena fungsinya sama saja.

Baca Juga:  4 Keuntungan Managed Service Provider Bagi Perusahaan

Nah, itu adalah cara saya mengatasi masalah noda minyak yang tersisa di baju ketika memasak. Oh ya, apa kalian juga akhir-akhir ini sering memasak karena tidak yakin untuk keluar rumah membeli makanan? Jika iya, maka kita sama.

About the author: ilhamsadli

Penikmat senja dan puisi, selain juga suka dengan tantangan baru. Berhenti belajar artinya aku mati

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.