Marketing strategy Ala IDN Creative di bulan Ramadan

Marketing strategy Ala IDN Creative

Blogsadli.com,- Marketing strategy Ala IDN Creative di bulan Ramadan. Menghitung hari menjelang bulan Ramadan, apa yang sudah kita persiapkan? Jangan mau kalah sama IDN Media yang sudah mempersiapkan strategi khusus untuk menggaet para millenial dan generasi Z. Karena kita semua tau dan paham bahwa bulan Ramadan merupakan bulan dengan banyak sekali momen spesial, khususnya di Indonesia.

Jika kita perhatikan dengan seksama, ternyata Ramadan bisa memberikan perubahan dalam banyak hal. Tidak hanya berpengaruh pada kehidupan religius masyarakat, tetapi Ramadan juga berpengaruh pada pola perilaku masyarakat pada umumnya fil khusus generasi Z dan millenial. Kenapa demikian? Jawabannya adalah karena pada bulan ini, konsumsi masyarakat cenderung meningkat secara signifikan.

Kemudian ditambah lagi dengan pandemi yang belum usai, dengan adanya pembatasan mobilitas akibat anjuran pemerintah yakni sebaiknya melaksanakan aktivitas dari rumah. Dengan demikian tentunya bisa kita simpulkan bahwa waktu luang yang dimiliki semakin banyak. Banyak kesempatan untuk explore media sosial bahkan kadang suka ada yang khilaf belanja online di marketplace maupun online shop.

Perubahan pola perilaku di momen Ramadan tersebut tentunya paling terlihat di kalangan generasi millennial dan Z, karena memang sebagian besar waktunya dihabiskan bersama gadget. Dengan analisis yang akurat, akhirnya pada brand pun berlomba-lomba mencuri perhatian kelompok usia dengan potensi daya beli tertinggi di antara generasi yang lain.

Insight yang Dibagikan Oleh IDN Creative

Terlepas dari itu semua, brand mulai melakukan inovasi dengan mengadakan promo besar-besaran untuk menarik perhatian. Untuk membantu brand, para pelaku bisnis, hingga mungkin ke tahap UMKM lainnya serta mempertahankan relevansi sekaligus mencuri perhatian generasi millennial dan z. Berikut ini merupakan beberapa insight yang dibagikan oleh IDN Creative, agensi digital multi-platform yang fokus pada brand storytelling, kreasi konten, dan aktivasi online.

Baca Juga:  Rasakan Umroh di Bulan Ramadhan! Paket Umroh 10 hari yang Tersedia Untuk Anda

Speak their language

Ramadan kali ini nampaknya akan sama dengan Ramadan tahun lalu, dimana kita masih akan tetap di rumah, dengan begitu diperkirakan hal ini akan membawa beberapa perubahan pada perilaku konsumsi digital generasi millennial dan z di Indonesia. Kondisi seperti ini tentunya akan membuka kesempatan besar untuk para brand mulai menerapkan marketing strategy ala IDN Creative. Karena keadaan demikian tentunya akan memaksa kemampuan brand dalam bagaimana menyampaikan brand message agar tepat sasaran.

Marketing strategy Ala IDN CreativeBagi IDN Creative, brand haruslah bisa memberi perhatian khusus pada topik-topik yang paling banyak dicari serta diminati, dan ini pastinya harus melewati tahap riset. Dimana brand haruslah memiliki kemampuan menghubungkan topik-topik yang sedang hype ke dalam brand message. Cara ini tentunya dipercaya mampu menciptakan kedekatan tersendiri dengan target audiens.

Menurut penelitian IDN Creative, konten yang bersifat ringan rupanya 2x lebih banyak dicari oleh generasi millennial dan Z di Indonesia; pencarian konten dengan topik hiburan juga meningkat sebanyak 6x dari biasanya. Dalam case IDN Media, artikel yang berjudul “5 Alasan Jangan Nonton Drama ‘World of Marriage’ Pas Puasa” tentu menjadi bacaan yang pas untuk menemani mereka saat menunggu waktu berbuka.

Go hyper-local, go hyper-relevant

Sebagai contoh kasus, Ramadan di rumah membuat kita memiliki lebih banyak waktu untuk menyiapkan sajian buka puasa yang beragam dan menarik. Hal ini dapat dilihat dari data pencarian konten menu dessert yang meningkat secara signifikan. Data tersebut tentu harus diikuti dengan penyesuaian konten yang disajikan: relevansi antara konten dengan minat audiens tentu akan menghasilkan output yang lebih optimal.

Membantu campaign Indomilk pada Ramadan tahun lalu, IDN Creative menghubungkan brand susu kental manis tersebut dengan Yummy, salah satu unit bisnis IDN Media yang fokus pada konten kuliner, untuk menstimulasi eksplorasi resep menggunakan produk Indomilk dari para audiens.

Baca Juga:  Belanja Online di Tengah Pandemi? Ini Cara Aman Terima Paket yang Perlu Diketahui!

Marketing strategy Ala IDN CreativeSambil tetap memenuhi keingintahuan audiens, IDN Creative juga mendorong munculnya ide-ide inovatif nan unik: susu kental manis tak hanya bisa diolah menjadi makanan manis, tapi juga gurih. Pada intinya, brand harus mampu menyampaikan cerita yang tepat, kepada orang yang tepat, melalui media yang tepat, dan pada waktu yang tepat.

Tailor-made your stories

Menurut IDN Creative, terlalu banyak generalisasi pada konten tak akan menghasilkan output yang optimal. Perlu diingat bahwa generasi millennial dan Z bahkan memiliki perilaku dan preferensi yang berbeda. Untuk itu, mengaplikasikan pendekatan personal pada konten yang diproduksi tentu akan menyentuh mereka secara lebih dalam.

Hal ini juga perlu diamplifikasi secara masif dengan menerbitkan konten tersebut di beberapa publisher sekaligus. Di IDN Media sendiri, topik konten yang sama mengenai menu berbuka puasa bisa disajikan dalam bentuk berbeda sesuai dengan karakter audiens di masing-masing publisher.

Text-based content berjudul “5 Resep Takjil yang Bikin Ingat Masa Kecil” yang dipublikasikan di IDN Times dan kemudian diolah menggunakan perspektif keluarga untuk ditayangkan di Popmama.com. Kemudian untuk memberikan output yang optimal, konten juga disajikan dalam bentuk video-based content di Yummy. Dengan begitu, pesan yang dibawa oleh brand dapat menjangkau audiens dengan persona yang lebih beragam.

Sekilas Tentang IDN Media dan IDN Creative

Tentang IDN Creative

IDN Creative adalah agensi digital multi-platform yang fokus pada brand storytelling, kreasi konten, dan aktivasi online.

Tentang IDN Media

IDN Media adalah perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia, dengan lebih dari 60 juta Monthly Active Users (MAU). Visi kami adalah mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat.

About the author: ilhamsadli

Penikmat senja dan puisi, selain juga suka dengan tantangan baru. Berhenti belajar artinya aku mati

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.