5 Langkah Bisnis IDN Media di 2023 untuk Menghadapi Resesi yang Patut Ditiru

langkah bisnis IDN Media

Blogsadli.com,- Tahun 2023 diprediksikan akan menjadi tahun yang sulit. Banyak perusahaan yang akhirnya melakukan pengurangan jumlah karyawan sejak akhir 2022 kemarin. Bukan hanya perusahaan kecil, bahkan perusahaan berbasis startup juga melakukan tindakan yang sama. Tentunya hal ini mempengaruhi data dan riset dari para pakar bahwa kondisi ekonomi belum stabil, terlebih dengan adanya ancaman resesi. Oleh karena informasi inilah, kemudian setiap perusahaan harus benar-benar memikirkan langkah bisnis yang tepat.

5 Langkah Bisnis IDN Media

Seperti yang diambil oleh IDN Media, merupakan sebuah langkah yang tepat karena tetap menghadirkan inovasi dan terobosan meskipun 2023 menjadi prediksi ancaman. Langkah yang dilakukan IDN Media ini layak untuk ditiru semua perusahaan, karena langkah ini bisa memberikan hal yang positif untuk perkembangan bisnis hingga ekonomi nantinya. Apa saja langkah bisnis IDN Media ini? Yuk simak selengkapnya di sini.

Menjadi Platform Media yang techdriven

Sejak didirikan pada 8 juni 2014 lalu, IDN Media adalah perusahaan media platform yang menggaet Milenial dan Gen Z di Indonesia dengan lebih dari 80 juta user active perbulan. Visinya adalah memberikan akses informasi serta memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi informasi, IDN Media juga terus berkembang menjadi media platform berbasis teknologi dan terbagi atas berbagai macam unit bisnis dari empat kategori, yaitu IDN (content platform); IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, GGWP.ID, Duniaku.com, Yummy, FORTUNE Indonesia (digital media), IDN Creative, ICE, IDN Event, IDN Programmatic OOH (commercial); serta IDN Pictures dan JKT48 (entertainment).

Memiliki Fundamental yang Kuat adalah Kunci

Sebuah bisnis yang mampu bertahan dari badai ekonomi atau apapun adalah yang memiliki fundamental yang kuat. IDN Media berhasil menghadirkan berbagai inovasi hingga hadir menjadi perusahaan media yang menyajikan konten positif untuk masyarakat Indonesia dari Aceh hingga Papua. 2022 menjadi momen yang penting, karena banyak dinamika makro yang dirasakan di tahun itu oleh IDN Media, dengan kata lain di tahun itu mengajarkan bahwa fundamental bisnis menjadi hal yang penting.

Baca Juga:  Waspada Gejala Mata Kering, Jangan Sampai Jadi Drama Apalagi Nestapa

fundamental sebagai langkah bisnis idn media

Salah satu cara yang diambil IDN Media untuk menguatkan fundamental bisnis adalah dengan komitmen membangun bisnis bernilai tambah bagi seluruh masyarakat. Itulah yang menjadi dasar IDN Media terus memberikan konten hiburan dan berita yang relevan untuk target audience-nya yakni millenial dan gen z melalui 4 kategori bisnisnya yaitu content platform, digital media, commercial dan entertainment.

Fokus Mengembangkan Konten Live Streaming

Mulai munculnya media sosial yang digunakan untuk live streaming, tentu menjadi sebuah peluang untuk IDN Media melebarkan sayapnya. Karena menurut IDN Media, live streaming ini mulai diminati kaula muda hingga nanti di masa depan. Hal ini berdasarkan dari hasil riset IDN Research Institute bahwa Gen Z lebih suka konten dengan format video hingga live streaming dengan posisi di live streaming di urutan kedua.

Awal tahun 2023, komitmen IDN Media ini dibuktikan dengan meluncurkan sejumlah fitur baru di IDN Live, platform live streaming di aplikasi IDN, yaitu UGC feature, redemption, dan referral. UGC feature memberikan kesempatan kepada semua orang untuk berkarya menjadi streamers di IDN Live. Tentunya, menjadi streamers di IDN Live membuka peluang untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Ketiga fitur ini diharapkan dapat semakin mempermudah content creator untuk melakukan live streaming di IDN Live. Kedepannya, IDN Media akan terus berinovasi dengan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, khususnya Milenial dan Gen Z.

Menumbuhkan Creator Economy melalui ICE

Creator economy merupakan industri yang melibatkan content creator atau influencer untuk memasarkan produk dan jasa dari brand ke konsumen. Saat ini, creator economy juga semakin berkembang, terlihat dari perilaku Milenial dan Gen-Z yang masih menganggap penting hubungan kreator dengan suatu perusahaan dalam keputusan mereka membeli produk dan jasa.

Baca Juga:  7 Tips Mengatasi Cemas yang Berlebihan

Di tahun 2023, IDN Media mengembangkan ekonomi kreator baik dalam bentuk marketing maupun bentuk lainnya melalui ICE (Indonesia Creator Economy). ICE merupakan platform kreator terbesar di Indonesia, yang memiliki visi untuk mendemokratisasi “creators economy” di Indonesia melalui teknologi.

Saat ini, ICE menawarkan berbagai layanan yang diberikan seperti content creator marketing, content creator trading, content creator representation, financial technology solutions, dan brand & product development. Di tahun 2023, ICE juga akan meluncurkan platform website yang nantinya dapat menawarkan kolaborasi tanpa batas antara brand dan kreator.

Optimis di tahun 2023

Meski Indonesia dianggap memiliki potensi mengalami resesi cukup rendah dibandingkan negara lain, yaitu sebesar 3% berdasarkan survei resesi dari Bloomberg, kondisi ini tentu tetap diantisipasi banyak perusahaan, termasuk IDN Media. Pasalnya, perubahan roda perekonomian akan memberikan dampak pada siapapun di sektor mana pun termasuk IDN Media yang bergerak di bidang media dan mengandalkan iklan sebagai salah satu pendapatan perusahaan. Di saat resesi, klien cenderung melakukan efisiensi biaya dan biasanya yang pertama kali dikurangi adalah biaya untuk pemasaran sehingga otomatis industri media pun akan terkena dampaknya.

Namun, berdasarkan berbagai proyeksi dan analisis, tahun 2023 Indonesia masih akan terus bertumbuh dan berkembang sehingga di tahun depan IDN Media masih akan berada dalam mode berkembang, tetapi tetap berpegang teguh pada prinsip kehati-hatian. Selain itu, di tahun 2023, IDN Media akan tetap fokus menciptakan nilai tambah bagi seluruh stakeholder. Langkah ini dilakukan agar IDN Media dapat mencapai visinya untuk mendemokratisasi informasi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

About the author: ilhamsadli

Penikmat senja dan puisi, selain juga suka dengan tantangan baru. Berhenti belajar artinya aku mati

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.