ESS Menjadi Penting di Era Pandemi untuk Mengelola Karyawan?

ESS Menjadi Penting di Era Pandemi

Blogsadli.com,- ESS Menjadi Penting di Era Pandemi untuk Mengelola Karyawan? Employee self service hanyalah sarana bagi karyawan untuk langsung mengakses data yang berkaitan dengan dirinya sendiri dalam bentuk software. Biasanya, perusahaan  akan menyiapkan beberapa jenis portal karyawan yang dapat diakses menggunakan login dan kata sandi karyawan, atau melalui software pilihan perusahaan. Hal ini sering diimplementasikan sebagai salah satu bagian dari sistem informasi sumber daya manusia yang lebih besar.

Di masa pandemi ini, banyak perubahan lifestyle hingga workstyle yang harus lebih digital karena penerapan social distancing dan pembatasan mobilitas. Bagaimana pun juga bisnis harus tetap berjalan sementara perusahaan perlu melakukan upaya untuk menjamin kesehatan karyawan di lingkungan kantor.

Untuk itulah ESS hadir untuk membantu HRD dan karyawan, di mana ESS sendiri dapat dikases di mana saja dan kapan saja sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan absensi bahkan ketika sedang work from home.

Maka dari itu, tak heran ESS menjadi hal penting di masa pandemi sebagai sarana yang membantu untuk mentrack karyawannya apakah tetap produktif atau ada hal urgent lainnya seperti hendak mengajukan izin, cuti, hingga reimbursement.

Manfaat lain yang dirasakan jika mengganti sistem konvensional dengan menerapkan ESS yaitu :

Meningkatkan Pengalokasian Sumber Daya Manusia

Daripada menghabiskan waktu berurusan dengan proses administrasi dan mengkomunikasikan informasi yang berlebihan, tim HR dapat menggunakan lebih banyak waktu dan sumber daya untuk menambah wawasan dan keahlian untuk manajemen perusahaan.

Layanan yang Lebih Cepat

Portal ESS memungkinkan karyawan untuk membuat perubahan dengan cepat dan memperbarui informasi pribadi seperti alamat rumah mereka tanpa perlu menghubungi HR. Perubahan dapat dikonfirmasi di layar setelah dimasukkan dan diterima. Komunikasi karyawan juga dapat dengan cepat disebarluaskan secara online untuk memastikan pengiriman yang cepat.

Baca Juga:  Inilah 3 Game Offline Android Paling Seru

Tingkatkan Keterlibatan Karyawan

Tingkat keterlibatan karyawan dapat berdampak langsung pada produktivitas. Dengan memberdayakan karyawan dengan akses 24/7 ke perusahaan dan informasi pribadi, Anda dapat membantu meningkatkan tingkat keterlibatan karyawan secara aktif dengan perusahaan, yang dapat berdampak positif pada tingkat retensi dan produktivitas.

Penghematan biaya

Menggunakan ESS dapat menghemat biaya dan ongkos kirim untuk komunikasi yang tidak perlu disampaikan dalam bentuk cetak, mengurangi biaya administrasi yang terkait dengan lebih sedikit pertanyaan yang masuk.

Memilih aplikasi ESS juga sebaiknya yang aman dan terpercaya seperti LinovHR. LinovHR menyedia attendance software sebagai solusi untuk melihat performa karyawan Anda di masa pandemi ini.

Penjelasan singkat mengenai apa itu ESS dan manfaatnya tentu menjadi gambaran besar bahwa menggunakan ESS dapat membantu efektifitas dan efisiensi kerja HRD dalam mengelola karyawan di masa pandemi. Karyawan pun menjadi terbantu karena tidak perlu melakukan absen manual di mesin fingerprint yang rawan menjadi media penularan COVID-19.

Semoga ulasan di atas dapat membantu!

Referensi: https://www.linovhr.com/manfaat-employee-self-service/

About the author: ilhamsadli

Penikmat senja dan puisi, selain juga suka dengan tantangan baru. Berhenti belajar artinya aku mati

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.