Blosadli.com,- Bagaimana rasanya selama beberapa bulan ini tidak kemana-mana? Atau ketika akan pergi ke suatu tempat haruslah melakukan Rapid test atau covid test dahulu. Karena untuk pergi keluar kota menggunakan kereta api, haruslah membawa surat rapid test sebagai pertanda kalau kita benar-benar sehat. Kondisi new normal seperti yang sekarang ini memang butuh banyak hal untuk dipersiapkan.

Meskipun namanya new normal, namun belum benar-benar normal. Artinya protokol kesehatan tetap selalu penting untuk diperhatikan. Apalagi untuk kawasan Jawa Timur, fil khusus kawasan Surabaya tak lagi zona merah namun semakin tua. Artinya penyebarannya lumayan cepat dan termasuk darurat covid, bahkan beberapa kabar terakhir dari teman dan di media menyataka bahwa jangkauan untuk covid test surabaya ini semakin dilebarkan.

Covid%2Btest%2BSurabaya

Hal yang Menjadi Pertimbangan ketika Akan Rapid Test

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan seseorang melakukan rapid test, termasuk di dalamnya adalah pertimbangan financial. Tetapi sebelum membahas mengenai pertimbangan itu, terlebih dahulu saya akan jelaskan apa itu rapid test.

Rapid test adalah skrining awal untuk mendeteksi antibodi yang diproduksi tubuh untuk melawan virus corona, yaitu IgM dan IgG. Jadi, apabila hasil rapid test mendeteksi keberadaan antibodi ini, maka orang yang menjalani tes pernah terpapar atau dimasuki virus. Lalu apa hubungannya dengan pertimbangan rapid test dan covid test surabaya?

Masalah financial menjadi yang paling mendasar kenapa seseorang calon pasien mempertimbangkan untuk melakukan Rapid Test atau Covid Test. Misal logikanya seperti ini, untuk melakukan perjalanan ke suatu tempat menggunakan kendaraan umum yaitu kereta api haruslah rapid test terlebih dahulu. Rapid test menghabiskan sekitar 250 hingga 350 ribu, sedangkan tiket keretanya tidak sampai angka itu.

Pertimbangan keduanya adalah masih ragu dan takut untuk pergi ke rumah sakit ataupun klink untuk rapid test. Biasanya yang mau melakukan covid test surabaya ada banyak orang sehingga akan meninmbulkan antrian yang panjang. Sedangkan rasa parno di keramaian tetap ada, karena berita yang tersebar begitu cepat.

Covid Test Surabaya Melalui HaloDoc

Untuk pertimbangan kedua mengenai Covid test surabaya tadi bisa diselesaikan dengan cara memanfaatkan teknologi. Karena sekarang aplikasi yang mendukung kesehatan seperti Halodoc bisa menjadi solusi atas ketakutan dan keparnoan berada di keramaian terlalu lama. Kenapa demikian? Karena Covid Test Surabaya melalui Halodoc ini, kita bisa lebih lega untuk merencanakan jadwal test.

Selain itu, sifat test melalui Halodoc ini tentunya adalah pribadi dan bukan bersifat massal. Karena balik lagi, peluang terpapar atau penyebaran virus ini bisa saja karena interaksi yang tidak disadari. Dan pastinya covid test pribadi akan memperkecil resiko daripada melakukan test massal.

Covid test surabaya

Apa yang Harus Dilakukan saat Melakukan Rapid Test?

Sebelum pergi ke lokasi tes untuk melakukan rapid test, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Pastikan datang tepat waktu berdasarkan jadwal yang telah dikonfirmasi (hindari datang terlalu awal). Jika memungkinkan, mintalah orang terdekat untuk menemani anda pergi ke lokasi tes.
  • Pastikan anda selalu mengenakan masker selama perjalanan maupun saat sudah sampai di lokasi tes.
  • Sesampai di lokasi tes, akan ada pemeriksaan KTP (Kartu Keluarga untuk yang di bawah umur) dan SMS konfirmasi di Pos 1 oleh petugas. Pastikan membawa smartphone yang anda gunakan untuk melakukan booking. Tes hanya berlaku bagi 1 (satu) pasien sesuai dengan KTP yang telah didaftarkan.
  • Prosedur pengambilan sampel darah dan penamaan test kit akan dilakukan di Pos 2.
  • Setelah melakukan serangkaian tes, anda disarankan untuk segera meninggalkan area fasilitas tes. Anda tak perlu menunggu hasil tes, karena hasilnya akan dikirimkan melalui SMS atau notifikasi Halodoc di smartphone anda satu hari setelahnya.

Dengan melakukan covid test melalui media aplikasi halodoc, tentunya banyak hal yang bisa didapatkan, termasuk di dalamnya adalah soal efisiensinya. Selain itu, juga resiko akan minim. Setelah mendapatkan hasil dan menunggu hasil tes ini, maka anda sudah bisa menggunakan surat keterangan covid test surabaya tersebut untuk keperluan sebelumnya, baik untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan kantor.