5+ Cara Menjaga Kesehatan di Tengah Pandemi

Blogsadli.com,- Saya yakin anda bahkan kita semua sudah menjaga kesehatan di tengah pandemi seperti sekarang ini. Baik dengan tips yang dianjurkan pemerintah maupun atas saran dari keluarga atau yang lain. Tetapi tidak dipungkiri bahwa pandemi ini berimbas banyak dalam berbagai bidang dalam kehidupan kita, termasuk dalam kesiapan kita pada akhirnya. Satu hal yang bisa kita lakukan adalah cuci tangan dengan sabun cuci tangan, menjaga jarak, menggunakan masker, hingga beberapa hal penting lainnya.

Banyak diantara kita akhirnya mencoba menerapkan banyak cara agar kesehatan tetap terjaga dan terhindar dari virus yang melanda. Kita juga tidak pernah tahu kapan musibah ini akan berakhir, maka dari itu tetap yang kita lakukan adalah pencegahan termasuk dengan menerapkan tips agar terhindar dari virus dan tetap sehat selama pandemi.

5 Cara Menjaga Kesehatan di Tengah Pandemi

Kita pasti sudah tau kalau istilah “sedia payung sebelum hujan” yang artinya semaksimal mungkin kita tetap melakukan pencegahan dengan cara menjaga kesehatan selama pandemi ini. Berikut ini mungkin beberapa hal yang bisa dilakukan.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh jika sudah kuat, tentunya seperti yang kita ketahui bahwa bisa mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Menjaga daya tahan tubuh ini bisa dilakukan dengan banyak hal, baik itu dengan mengurangi begadang, mengonsumsi makanan bergizi, mengonsumsi jamu herbal dan seterusnya.

Banyak diantara kita yang akhirnya mulai berkebun dan mengkonsumsi hasil berkebunnya. Dan satu lagi, menjaga kesehatan mental juga bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain bisa juga dengan mengonsumsi multivitamin serta rutin berolahraga. Tetapi tetap sesuaikan dengan anjuran para ahli ya.

Budaya Hidup Bersih

Pandemi mengajarkan kita untuk berupaya secara terus menerus menerapkan gaya hidup bersih. Minimal beberapa orang mulai rajin membersihkan rumah kediamannya hingga melakukan penyemprotan disinfektan. Karena cara ini adalah salah satu ikhtiar atau usaha kita untuk bisa tetap menjaga kesehatan agar terhindar dari banyak penyakit.

Tetap Menjaga Jarak

Protokol kesehatan yang sering sekali kita dengar adalah tetap menjaga jarak, bahkan beberapa instansi, warung, toko, atau sejenisnya menerapkan jaga jarak ini. Karena ketika ada yang bersin atau mungkin batuk, jarak jangkau dengan kita masih lumayan jauh. Kebiasaan kita yang dulunya beraktivitas di luar rumah dan tanpa menjaga jarak, mulai dikurangi dan tetap dijaga jaraknya. Hal ini tentunya sama-sama kita ketahui adalah cara untuk menjaga kesehatan.

Menggunakan Masker Jika Keluar Rumah

Masker menjadi hal yang wajib untuk sekarang ini, jadi jangan takut terlihat tidak rapi atau estetik. Karena banyak juga kok model masker yang sudah bagus dan fashionable, ya meskipun menggunakan masker yang disarankan pemerintah akan lebih bagus.

Oh ya, satu lagi yang harus diperhatikan ketika menggunakan masker adalah tidak menggunakan masker yang sudah rusak, basah, atau kotor, atau lusuh. Kalau bisa gunakan masker yang masih bagus, kalaupun itu masker kain maka sering dicuci adalah cara yang bagus.

Rajin Mencuci Tangan

Mencuci tangan sudah menjadi rutinitas, bukan hanya ketika akan makan atau sesudah makan, tetapi juga ketika menyentuh apapun. Karena kita semua menyadari bahwa rajin mencuci tangan adalah salah satu cara menjaga kesehatan di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Kita tidak pernah tahu barang yang kita sentuh atau tersentuh mungkin saja sudah tertempel bakteri atau virus. Kemudian secara tidak sengaja kita menyentuh bagian-bagian yang rentan, alhasil bisa memindahkan bakteri dari barang ke tubuh kita. Jangan sampai seperti ini. Untuk cuci tangan ini bisa menggunakan banyak hal, baik hand sanitizer atau menggunakan sabun cuci tangan.

Mencuci tangan secara teratur dengan menggunakan sabun cuci tangan ini tentunya akan sangat membantu kita untuk terhindar dari penyakit. Dan pilih juga sabun yang baik untuk cuci tangan, jangan gunakan sabun wajah sebagai sabun cuci tangan misalnya, karena itu sudah keliru objek.

About the author: ilhamsadli

Penikmat senja dan puisi, selain juga suka dengan tantangan baru. Berhenti belajar artinya aku mati

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Exit mobile version