5 Cara Membuat Blog di WordPress dengan Mudah

cara membuat blog di wordpress

Blogsadli.com,- Perkembangan dunia digital kini sudah semakin marak, menjadi seorang blogger menjadi satu trend terbaru saat ini. Terlebih lagi, menjadi seorang blogger bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus ke luar rumah. Jadi, sekarang mari kita simak bagaimana cara buat website dan cara membuat blog di wordpress dengan mudah.

Sebenarnya tidak hanya wordpress saja CMS yang bisa digunakan untuk membuat blog. Masih ada blogger atau blogspot yang bisa juga dijadikan CMS ketika membuat blog, bisa juga weebly dan beberapa platform lainnya termasuk joomla dan seterusnya. Akan tetapi, setiap CMS ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Misalkan saja, membuat blog di blogspot membutuhkan effort lebih karena sang pemilik sedikit tidak harus juga belajar coding html.

Meskipun memang membuat blog dengan blogpsot terbilang cukup terjangkau, namun untuk pemula dan memudahkan tentu tidak keberatan jika harus mengeluarkan sedikit lagi biaya. Ya, biaya tersebut adalah untuk menyimpan data dan seterusnya. Nah, karena ini bahasannya adalah tentang cara membuat website atau cara membuat blog di wordpress, maka beberapa langkah serta persiapan ini perlu diperhatikan. Karena cara buat website dan cara buat blog di wordpress akan sama, maka untuk memudahkan mari kita bahasakan dengan cara buat blog di wordpress.

Memulai Membuat Blog dengan WordPress

Untuk seorang pemula, pastinya akan berpikir panjang lebar sampai akhirnya memutuskan untuk bagaimana cara membuat blog di wordpress. Terutama yang menjadi pertimbangannya adalah apakah produktifitasnya akan berkurang ketika sudah memiliki blog nantinya.

Padahal sebenarnya dalam hal ini penting banget untuk mulai melakukan ataupun belajar bagaimana manajemen konten sehingga tidak kewalahan atau menjadi santai ketika sedang tidak punya ide. Jadi dengan demikian, beberapa plugin di WordPress nantinya akan membantu dalam hal itu. Oke, mari membahas lebih detail mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan ketika akan membuat blog di WordPress.

Tentukan jenis blog dan niche atau topik

Seperti membuat sesuatu pada umumnya, harus dipersiapkan dulu detail yang akan dibuat. Misalkan membuat blog di WordPress, maka tentukan dahulu topik bahasan blognya. Hal ini untuk memudahkan dalam membuat blog di wordpress nantinya dengan pemilihan tamplate dan seterusnya.

Baca Juga:  Update Terbaru Aturan Adsense Bikin Heboh AdSense Publisher

Topik yang bisa digunakan ada banyak, misalkan fotografi, desain, kepenulisan, traveling atau keseharian dan seterusnya. Tetapi pastikan bahwa apa yang menjadi topik pilihan blog nantinya tidak akan memberatkan ketika membuat blog yang sesuai keinginan. Sebagai rulenya adalah topik yang akan digunakan benar-benar dikuasai atau minimal dikuasai.

Kenapa penting untuk menentukan niche blog? Jawabannya adalah karena akan memudahkan menemukan audience, pola tulisan hingga batasan-batasan dalam membuat artikel nantinya. Tidak masalah jika ingin membuat blog dengan topik lebih dari satu, tetapi alangkah baiknya jika blog tersebut memang difokuskan pada beberapa tema utama saja.

Buat Nama Domain untuk blog

Blog juga adalah sebuah alamat, maka penting untuk menentukan nama domain yang nantinya akan digunakan. Nah, sebelum memilih nama domain tersebut pastikan terlebih dahulu nama domain tersebut memang tersedia dan bisa digunakan. Cara ceknya adalah dengan melihat di penyedia hosting, di bagian kolom domain atau beli domain biasanya.cara buat blog di wordpress

Ketika membuat nama domain, usahakan namanya mudah diingat dan tidak mengandung unsur angka. Karena akan lebih susah melapalkan nama domain tersebut nantinya ketika membeli domain. Domain ini masing-masing punya kelebihan, misalkan saja .com untuk comersial, co.id biasanya untuk perusahaan dan seterusnya, .or.id untuk organisasi. Jadi jangan salah memilih domain.

Memilih Web Hosting

Untuk bagaimana cara membuat blog di wordpress, maka dibutuhkan yang namanya hosting. Maka dalam kasus ini, solusinya adalah memilih web hosting atau penyedia hosting yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Maka ketika akan cari hosting, beberapa hal penting seperti di bawah ini patut dijadikan sebagai pertimbangan sebelum membeli hosting untuk membuat website di wordpress ataupun untuk kebutuhan blog.

Pilih paket hosting sesuai kebutuhan

Ketika akan membuat website atau blog di wordpress, pastikan untuk memilih paket hosting sesuai dengan kebutuhan. Misalkan untuk kebutuhan personal, maka bisa memilih paket yang paling bawah dahulu. Jika nantinya ternyata masih kurang bisa upgrade lagi ke paket selanjutnya. Karena hosting yang akan digunakan ini nantinya akan digunakan selama kurang lebih 12 bulan alias satu tahun.

Baca Juga:  4+ Hal Penting Yang Harus Dimiliki Calon Blogger

Pastikan Penyedia Hosting tersebut Uptimenya tinggi

Artinya pastikan bahwa website penyedia hosting ini beroperasi selama 24 jam dan tidak sering down. Karena ini penting, terlebih apabila servernya tidak stabil (sebut saja begitu) akan memengaruhi performa web atau blog yang dibuat.

Respon CS bagus atau Layanan Bantunan Pelanggannya terpercaya

Tidak menutup kemungkinan nantinya blog atau website yang dibuat mengalami trouble, maka dalam kasus ini penting sekali respon dari customer support. Meskipun mungkin bisa dengan membaca tutorial, tetapi terkadang ada beberapa hal yang membutuhkan dari tim teknisnya penyedia hosting.

Pilih Hosting Sesuai Isi Kantong

Nah, yang ini nampaknya paling penting diantara semuanya. Karena bicara soal harga ini akan menentukan segalanya, jadi penting sekali untuk memastikan harga hosting tersebut bersahabat. Terlebih lagi jika blog atau website yang dibuat memang diperuntukkan untuk jangka panjang.

Lakukan Install WordPress

Setelah selesai cari hosting dan membeli sesuai kebutuhan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi wordpress. Nah, dalam langkah ini bisa dikatakan bahwa ada beberapa opsi, pertama manual dan yang kedua dengan otomatis menggunakan cPanel. Langkah-langkah ini bisa dilakukan ketika install WordPress di cPanel.

  • Masuk ke akun penyedia hosting seperti Domainesia
  • Lalu masuk ke layanan hosting dan klik kelola atau bisa juga langsung masuk ke cPanelnya
  • Scroll Ke Bawah ke bagian Apps atau aplikasi
  • Klik Softaulous Apps Install, kemudian pilih WordPRess
  • Isi konfirguasi WordPress, biasanya perlu memilih nama domain dan quock install
  • Atau bisa dengan klik custom install sehingga bisa menentukan username dan password sendiri
  • Perhatikan beberapa kolom seperti judul website dan deskripsi, kemudian username dan passwordnya
  • Pilih bahasa dan pluginnya, pilih juga database nama kemudian Install

Membuat Blog di WordPress sudah selesai

cara bikin blog di wordpress

Jika sudah sampai tahap instalasi, biasanya akan muncul popup berupa nama domain dan loginnya. Sehingga itu membuktikan bahwa proses instalasi telah selesai dan cara membuat blog di wordpress sudah selesai dan blog bisa digunakan. Beberapa hal lagi yang perlu dilakukan adalah menginstall beberapa plugin dan theme sehingga ini bisa masuk ke tahap mempercantik blog. Nanti blogsadli juga akan membahas mengenai mempercantik blog.

Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

About the author: ilhamsadli

Penikmat senja dan puisi, selain juga suka dengan tantangan baru. Berhenti belajar artinya aku mati

Related Posts

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.