Blogsadli.com,- Hingga sekarang ini virus corona semakin mewabah ke penjuru kota di Indonesia. Hal ini tentu membuat aktivitas di luar rumah menjadi lebih terbatas. Dan mengharuskan kita untuk tetap berada di rumah agar penyebaran covid-19 tidak semakin banyak. Kegiatan belanja online bisa dibilang menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang di masa pandemi ini. Belanja online di tengah pandemi seperti sekarang ini memang menjadi pilihan alternatif untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari.

Dengan belanja online di tengah pandemi, tentu kita tidak perlu keluar rumah untuk membeli sesuatu yang kita inginkan. Tinggal pilih barang yang kita inginkan, transfer pembayaran atau bayar ditempat, dan beberapa hari kemudian barang yang kita pesan akan sampai. Sangat mudah dan praktis sekali.

Cara Aman Terima Paket ketika belanja online di tengah pandemi

Namun, di tengah wabah ini, kita harus lebih waspada saat ingin belanja secara online. Pasalnya, paket yang datang umumnya dilapisi oleh kardus atau plastik. Seperti yang kita ketahui, covid-19 bisa bertahan hidup di permukaan benda seperti kaca, keramik, plastik, hingga kardus. Bukan tidak mungkin penularan virus bisa berasal dari paket belanja online tersebut, bukan?. Maka dari itu, penting sekali untuk kamu mengetahui tips aman belanja secara online saat pandemi. Ingin tahu apa saja tipsnya? Simak dibawah ini yuk!

1. Hindari Pembelian Barang Dari Toko Online Luar Negeri

Saat ingin membeli barang secara online di tengah pandemi, ada baiknya membeli barang dari toko dalam negeri saja. Selain mencegah tertular virus corona dari paket dan faktor keamanan, hal ini juga akan membantu UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam membeli barang-barang produk lokal.

Baca Juga:  Penampilan Bukan Segalanya, Tapi Segalanya Berawal Dari Penampilan

2. Pilih Metode Pembayaran yang Nontunai

Selama masa pandemi, kita dianjurkan untuk tetap berjaga jarak dan tidak melakukan kontak langsung dengan orang asing. Maka dari itu, pilihlah metode pembayaran yang nontunai saat ingin berbelanja online. Hindarilah pembayaran paket secara COD (Cash On Delivery) di kondisi seperti ini karena itu cara yang aman belanja online di tengah pandemi seperti sekarang ini.

3. Terima Paket Tanpa Melakukan Kontak Langsung

belanja onlien di tengah pandemi

Sumber: Pinterest

Kalau paket belanjaan kamu sudah datang, disarankan untuk tidak berkontak langsung dengan jasa pengiriman paket. Kamu dapat meminta pengantar buat meletakkan paket belanjaan kamu di depan gerbang atau depan pintu. Tata cara menerima paket seperti ini, tentu dapat mengurangi resiko penularan virus corona. Karena kamu tidak berkontak langsung dengan si pengirim.

4. Buka Paket Belanjaan di Luar Rumah

ketika belanja online di tengah pandemi, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah buka paket belanjaan di luar rumah. Mengingat virus corona bisa bertahan hidup dalam waktu lebih dari 24 jam di permukaan seperti kardus atau plastik yang umumnya sering digunakan untuk melapisi paket, lebih baik buka paket belanjaan online tersebut di depan rumah. Dan langsung buang pembungkus paket tersebut ke dalam tempat sampah. Sehingga bisa menghindari penularan pada orang lain juga.

5.Cuci Tangan

belanja onlien di tengah pandemi

sumber: pinterest

Agar bisa mencegah penularan virus corona dengan maksimal, metode terakhir yang perlu kamu lakukan saat menerima paket datang adalah dengan melakukan cuci tangan. Hindari menyentuh area wajah saat sudah menerima paket tersebut. Kalau kamu sudah melakukan beberapa poin di atas, jagalah kebersihan tangan kamu dengan cara mencuci tangan pakai sabun serta air mengalir.

Baca Juga:  4 Tips Agar Nongkrong Berkualitas

Dengan melakukan langkah-langkah diatas, secara tidak langsung kita membantu memutus mata rantai penyebaran virus corona. Tetap jaga kebersihan dan selalu gunakan masker kain atau masker n95 saat keluar rumah ya! Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih.