Blogsadli.com,- Era digital 4.0 seperti sekarang ini memang sudah menjadi sesuatu yang umum ketika segala sesuatu bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan rumah, bahka bisa dikatakan semua terjangkau dalam genggaman. Era ini membuat semuanya menjadi lebih mudah, baik untuk belanja, investasi, transaksi hingga memulai pola hidup sehat dengan petunjuk dari ahlinya. Terkhusus untuk pola hidup sehat ini, tentunya membantu sekali apabila hadir layanan booking dokter di rumah sakit.

Beberapa orang seringkali mengeluhkan mengenai kesulitan akses untuk pergi ke rumah sakit di tengah kondisi seperti saat ini. Maka sebuah layanan dari rumah akan sangat efisien terutama mengurangi kemungkinan mengantri lama di rumah sakit untuk berkonsultasi dengan dokter umum, dokter gigi maupun dokter spesialis. Kemudian semua kesulitan itu terjawab dalam satu aplikasi bernama SehatQ.

Tentang Aplikasi SehatQ

Prosedur di Rumah Sakit seperti antrian lama, jadwal dokter yang sibuk dan sering kali berubah, serta persediaan obat yang habis menjadi sebuah momok ketika ingin menjaga pola hidup sehat dengan petunjuk dari ahlinya. Hadirnya sebuah platform kesehatan menjadi salah satu solusi mengingat layanan kesehatan yang mudah untuk diakses oleh semua orang banyak dibutuhkan. Terlebih lagi untuk kalangan pemuda yang dengan kesibukannya di dunia nyata dan maya, namun tetap ingin menjaga pola hidup sehat berdasarkan petunjuk dari ahlinya.

Aplikasi SehatQ

Platform ini adalah salah satu startup baru di bidang kesehatan bernama SehatQ.com yang berada di bawah naungan SinarMas. Sekadar informasi, SehatQ merupakan salah satu opsi aplikasi yang berperan banyak ketika dalam keadaan seperti sekarang ini.

SehatQ merupakan startup penyedia layanan kesehatan digital yang berdiri pada November 2018. Dalam kurun waktu kurang dari setahun, SehatQ telah menjangkau ratusan Rumah Sakit, Klinik, serta Laboratorium Klinik. SehatQ juga menyediakan beragam informasi seputar kesehatan, obat-obatan, hingga fasilitas kesehatan dan dokter yang bisa diakses melalui SehatQ.com.

SehatQ awalnya dirintis dari sebuah website yang mengedukasi perihal kesehatan, kemudian perlahan berkembang menjadi sebuah aplikasi kesehatan karena banyak pembaca yang memanfaatkan layanan di website untuk berkonsultasi mengenai masalah kesehatan. Sehingga pemiliknya kemudian melihat peluang tersebut sebagai sebuah langkah untuk maju.

“SehatQ menawarkan konsep Sehat dalam Genggaman, apapun kebutuhan kesehatan pengguna bisa diakses lewat satu aplikasi, yang diawali dari pencarian data kesehatan, chat realtime dengan dokter, sampai layanan booking dokter bila hendak berobat ke rumah sakit ataupun klinik,”

-Linda Wijaya [Founder serta CEO SehatQ]-

Fitur – Fitur Aplikasi SehatQ

Fitur utama yang ada dalam aplikasi SehatQ adalah Chat Dokter dan Booking Dokter, namun fitur lainnya seperti: Artikel Kesehatan, Direktori Rumah Sakit / booking Dokter / Penyakit, Promo Kesehatan di berbagai tempat, serta Forum interaksinya juga sangat berguna. Dan untuk aku pribadi memang lebih banyak memanfaatkan fitur artikel kesehatan atau tanya dokter untuk berkonsultasi dengan para dokter secara langsung.

Fitur Artikel Kesehatan

Aku pribadi suka membaca artikel kesehatan di SehatQ. Ada banyak alasan, selain memang sumbernya lebih terpercaya. Apalagi ditengah kondisi seperti sekarang ini, dimana semuanya aktifitas harus di rumah. Kemudian harus bersiap secara ekstra untuk menjaga pola hidup sehat. Karena tidak memiliki dokter pribadi, tentunya menjadi hal yang lumrah ketika mengakses artikel kesehatan untuk menerapkannya dalam kehidupan keseharian.

Fitur Direktori Dokter, Rumah Sakit dan Penyakit

Fitur ini lebih menjurus pada ensiklopedia, atau sejenis database mengenai dokter, rumah sakit yang terjangkau oleh aplikasi SehatQ ini serta beberapa ensiklopedia mengenai penyakit ada disini. Yang paling banyak digunakan adalah fitur direktori dokter, dimana pasien bisa berinteraksi dan konsultasi langsung dengan dokter yang diinginkan. Untuk direktori rumah sakit sendiri akan berguna ketika mencari lokasi rumah sakit terdekat yang terdaftar dan bisa langsung booking dokter di rumah sakit melalui ponsel.

Cara Menggunakan Fitur Booking Di Aplikasi SehatQ

Konsep SehatQ menawarkan “sehat dalam genggaman” artinya, semua kebutuhan kesehatan calon pasien dapat diakses melalui satu aplikasi, seperti untuk pencarian informasi tentang kesehatan, melakukan chat dan berinteraksi dengan dokter melalui aplikasi, hingga layanan booking dokter jika akan berobat ke rumah sakit atau klinik.

Jika ingin menggunakan layanan di SehatQ ini, tentunya haruslah menginstall aplikasi SehatQ terlebih dahulu secara free di google Play Store atau App Store bagi pengguna Iphone. Jika sudah terdownload dan terpasang dengan rapi di ponsel atau android atau Hp, maka lakukan registrasi terlebih dahulu apabila masih belum memiliki akun. Jika sudah memiliki akun, maka tinggal log in saja untuk bisa mengakses fitur yang ada di dalamnya.

Cara Menggunakan Aplikasi SehatQ

Jika belum terlalu penting untuk bertemu langsung dengan dokter, atau hanya ingin mengidentifikasi gejala yang ada. Maka bisa menggunakan fitur chat dokter atau berinteraksi dengan dokternya melalui fitur chat di aplikasi SehatQ tadi. Namun, jika memang keadaan mendesak dan memaksa untuk harus ke Rumah Sakit, terlebih dahulu gunakan direktori rumah sakit untuk mengetahui rumah sakit terdekat untukbisa booking dokter melalui aplikasi, misal seperti itu.

Melalui fitur Booking Dokter ini, tentunya pengguna dapat memilah serta memesan agenda kunjungan ke lebih dari 9 ribu dokter di lebih dari 6 ribu klinik serta rumah sakit yang tercatat dalam direktori SehatQ. Menjadi sangat mudah juga karena agenda dokter tercatat di aplikasi SehatQ, sehingga untuk melakukan booking dokter bisa disesuaikan dengan jadwal dokter yang sudah disediakan.

Melakukan Booking Dokter di Rumah Sakit ini tentunya akan sangat membantu mengefisiensikan waktu yang ada. Mengurangi resiko antrian panjang dan capek di Rumah Sakit. Jika sudah memiliki booking dokter tentunya semuanya akan menjadi lebih gampang dan mudah dilakukan.

Kesimpulan

Segala sesuatunya bisa diakses dengan hanya satu genggaman, termasuk urusan kesehatan ini. Dengan hadirnya Aplikasi SehatQ ini, tentunya sangat membantu sekali. Bisa menjadi refrensi hingga menjadi media penghubung antara dokter dengan calon pasien. Kemudahan dalam menggunakan aplikasi juga terjamin, terlebih jika jeli memperhatikan ada beberapa promo yang disediakan.

Baca Juga:  Tips Dalam Memilih Premi Asuransi Kesehatan